Dark/Light Mode

Hari Ini, Jokowi Lantik Dubes RI Untuk Sudan, Filipina, Dan Selandia Baru

Rabu, 12 Januari 2022 13:26 WIB
Presiden Jokowi melantik Dubes RI untuk Sudan, Filipina, dan Selandia Baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1). (Foto: Humas Setkab)
Presiden Jokowi melantik Dubes RI untuk Sudan, Filipina, dan Selandia Baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1). (Foto: Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melantik tiga Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) untuk negara Sudan, Filipina, dan Selandia Baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1).

Berikut rincian nama para Dubes tersebut, beserta negara penempatannya:

1. Sunarko, Duta Besar LBBP untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum.

Baca juga : Ini Lokasi Karantina Di 9 Pintu Masuk Perjalanan Luar Negeri

2. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Agus Widjojo, Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila.

3. Fientje Maritje Suebu, Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.

Pengangkatan para dubes LBBP RI ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 4/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh.

Baca juga : Jokowi: Meski Belum Juara, Saya Dan Seluruh Rakyat Indonesia Bangga

Keppres yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti ini ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 11 Januari 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara mengambil sumpah bagi para Dubes yang dilantik pada hari ini.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden Jokowi saat mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada para duta besar.

Baca juga : Nora Alexandra, Disantet Supaya Gila Dan Mandul

Acara pelantikan ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.