Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Vaksin Jadi Tameng

MotoGP Mandalika Bakal Aman Dari Teror Covid-19

Rabu, 16 Maret 2022 07:30 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto. (Foto: Humas BNPB)
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto meyakini gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal aman dari penularan Covid-19.

“Pelaksanaan MotoGP kami yakinkan betul aman dari potensi penularan Covid-19,” ujar Suharyanto, saat menghadiri pertemuan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mandalika, Lombok Tengah, kemarin. Keyakinan ini timbul lantaran vaksinasi sudah dilakukan secara masif di wilayah tersebut.

Jebolan Akademi Militer (Akmil) 1989 ini menyatakan, tameng untuk menghadapi dan melawan apapun jenis varian Covid-19 yang ada saat ini dengan genjotan vaksinasi.

Baca juga : Dukung MotoGP Mandalika, Traveloka Utamakan Safe Travel bagi Wisatawan Lombok

Suharyanto pun memastikan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional akan terus mendampingi proses pelaksanaan vaksinasi pada saat pra, hingga pasca-perhelatan event internasional MotoGP yang diselenggarakan 18-20 Maret mendatang.

Suharyanto juga mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) serta dukungan kolaborasi lintas sektor yang mampu membuat NTB menjadi satu-satunya provinsi dengan PPKM level 1.

“Kita siap menyambut MotoGP dan ini menjadi bentuk kepercayaan publik secara nasional maupun internasional terhadap Indonesia,” tegas mantan Pangdam V/Brawijaya ini.

Baca juga : MotoGP Mandalika, Pembalap Dan Kru Sudah Tiba Di Lombok

Suharyanto meninjau kesiapan RSUD Mandalika sebagai salah satu rumah sakit yang dipersiapkan untuk penanganan Covid-19.

Terdapat fasilitas tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang tidak bergejala, tempat penanganan bagi pasien dengan kondisi gejala sedang hingga berat dengan fasilitas tempat tidur serta Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Selain itu, dia juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di sekitar RSUD Mandalika. Mulai dari pendaftaran, screening, hingga penyuntikan dosis vaksinasi kepada masyarakat Lombok Tengah bagi orang lanjut usia, dewasa, hingga anak-anak.

Baca juga : Sukseskan MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Berkapasitas 2.600 Orang

Kemudian, Suharyanto dan jajaran turut melakukan pembagian masker pada tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan, seperti Dusun Sasak Sade dan Pasar Rakyat Mandalika.

Sekadar informasi, NTB telah menyentuh angka lebih dari 96 persen untuk capaian vaksinasi dosis pertama dan lebih dari 80 persen untuk dosis kedua.

Saat ini, Pemda dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat terus menggencarkan upaya pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.