Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Kinerja Amran dan Susi Jadi Pembeda di Kabinet Sekarang

Rabu, 3 Juli 2019 20:23 WIB
Amran Sulaiman (Foto: Humas Kementan)
Amran Sulaiman (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembantu presiden yang berintegritas tinggi adalah salah satu kunci sukses pemerintahan. Hal ini diungkapkan oleh pengamat politik ekonomi, Ichsanuddin Noorsy. Dengan analisis tajam didukung sejumlah data akurat, dia menyoroti kabinet kerja saat ini.

Menurut Ichsanuddin, hingga kini Indonesia masih dihantui masalah klasik mengenai ketidakpastian perekonomian. Hal ini membuatnya sulit memberikan penilaian positif pada jajaran kementerian di bidang ekonomi.

“Sejak 2015 saya sudah menyebut pertumbuhan ekonomi tidak mungkin lebih dari 5,1 persen. Faktanya sampai sekarang terbukti,” jelas Ichsanuddin, Rabu (3/7). 

Baca juga : Menpora Minta Para Santri Pertahankan Aswaja

Sektor lain juga dinilai masih jauh dari harapan adalah hukum dan keamanan. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dinilai hanya mencederai rasa keadilan di masyarakat.

“Sulit menemukan pejabat yang berani jujur dalam segala hal. Sebelum penentuan jabatan harusnya ada audit posisi. Sayangnya tak satu pun institusi yang mampu menjawabnya,” ulasnya.

Meski memberikan penilaian negatif atas kinerja sebagian besar menteri di kabinet saat ini, Ichsanuddin tak membantah masih ada sosok yang menjadi pembeda. Berdasarkan kinerja sejak awal bertugas, dia menilai hanya sosok Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, yang layak dihormati dan dihargai. 

Baca juga : Presiden Palestina Anugerahkan Bintang Tanda Jasa Kepada Dubes RI di Jenewa

“Hanya Amran yang sukses menunjukkan kinerjanya. Dia mampu menekan tingkat inflasi di bidang pertanian terendah sepanjang sejarah,” pujinya.

Di tangan Amran, pertanian Indonesia kembali menggeliat. Data yang ada menyebutkan inflasi pangan terus mengalami penurunan. Dari angka 10,56 persen pada 2014,menjadi 1,26 persen pada akhir 2018.

Ichanuddin menyebut, Amran masih layak mendapat kesempatan melanjutkan keberhasilannya di kabinet saat ini. Hanya saja, tantangannya akan semakin besar. Banyak pihak yang tak nyaman dengan kebijakan memihak para petani. “Saya menyebutkan tantangan pertanian kedepan adalah pertarungan Amran melawan para mafia pangan,” tegasnya. 

Baca juga : Pertamina RU V Balikpapan Berikan Santunan 300 Paket Sekolah

Di samping Amran, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, juga dinilai merupakan menteri yang berkinerja baik dalam kabinet era pemerintahan Jokowi-JK. Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menyebut, Susi punya kekuatan positif dalam menggerakkan sektor perikanan dan kelautan menjadi sektor yang berkontribusi penting dalam perekonomian nasional serta dan mempunyai keberanian untuk memberantas pencurian ikan (illegal fishing). 

“Kendati berbagai kebijakannya sempat menuai polemik, tapi Susi mampu meningkatkan produk perikanan. Kerjanya patut diacungi jempol. Gayanya yang lugas membuat dirinya dianugerahi julukan the next people champion oleh banyak kalangan,” ujar Hendri. [KAL]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.