Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPK: Kemenkes Raih Opini WTP 9 Tahun Berturut-turut

Kamis, 14 Juli 2022 10:06 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto Kemenkes RI)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto Kemenkes RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerima opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terkait laporan keuangan 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dengan demikian, Kemenkes telah menerima opini tersebut selama 9 tahun berturut-turut.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerima laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan Kemenkes dari anggota VI BPK Dr Pius Lustrilanang di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (13/7).

Opini WTP laporan keuangan ditetapkan dengan memperhatikan empat hal. Yakni laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Baca juga : Mantap, Kemenpora Hattrick Raih Opini WTP

“BPK mengapresiasi atau pencapaian opini Kementerian Kesehatan selama 9 tahun berturut-turut,” ujar Pius.

Opini WTP tersebut bukan berarti tidak terdapat permasalahan dalam pengelolaan keuangan negara. BPK masih menemukan kelemahan pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan meskipun tidak berdampak material terhadap penyajian laporan keuangan Kementerian Kesehatan 2021.

Dikatakan Pius, BPK merekomendasikan menteri kesehatan agar lebih optimal dalam melakukan pengawasan proses penugasan, pengadaan, dan distribusi vaksin Covid-19.

Baca juga : Mantap! BNPT Pertahankan Capaian Opini WTP Ke-9

Hingga saat ini, Kemenkes telah menyelesaikan 2.034 rekomendasi atau 86,92 persen dari 2.340 rekomendasi BPK.

“Kami mengapresiasi usaha-usaha perbaikan yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan atas rekomendasi dari BPK. BPK akan terus mendorong Kementerian Kesehatan untuk melakukan upaya perbaikan berkelanjutan atas pengelolaan keuangan negara melalui rekomendasi yang diberikan,” tutur Pius.

Menkes Budi mengatakan, opini WTP yang diperoleh Kemenkes merupakan prestasi dari semua pihak di Kemenkes. Pihaknya berkomitmen akan menyelesaikan semua rekomendasi dari BPK.

Baca juga : Yes! Mabes Polri Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut

“Saya diangkat sebagai Menteri Kesehatan tanggal 23 Desember 2020 dan kami memiliki komitmen agar semua temuan BPK bisa kami selesaikan,” tutur Menkes Budi.

“Masukan dan rekomendasi yang diberikan BPK akan dijadikan acuan untuk penyempurnaan pengelolaan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan, sehingga dapat mendorong terwujudnya tata keuangan negara yang akuntabel dan transparan,” imbuh mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) itu.***

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.