Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Inflasi Gegara Tingginya Harga Cabe

Kementan Bagikan Benih Si Pedas Untuk Masyarakat Jakarta

Selasa, 19 Juli 2022 16:16 WIB
Bibit cabe yang siap disebar masyarakat di Kebun Bibit Cibubur, Jakarta Timur/Ist
Bibit cabe yang siap disebar masyarakat di Kebun Bibit Cibubur, Jakarta Timur/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka kegiatan pemasyarakatan benih bermutu dan menyikapi mahalnya harga cabe, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura membagikan benih cabe dalam polybag ke masyarakat Jakarta. 

Ada 3.500 Benih Cabe dalam polybag yang dibagikan, Jumat (15/7), di Kebun Bibit Cibubur, Jakarta Timur.

Pembagian benih cabe gratis untuk ditanam di halaman atau pekarangan rumah, salah satu upaya Kementan menyiapkan logistik hortikultura strategis.

Ini untuk mengendalikan inflasi karena tingginya harga cabe. Dan bentuk dukungan untuk program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) serta Pertanian Perkotaan (Urban Farming) yang menjadi tanggung jawab Direktorat Jenderal Hortikultura.

Pembagian benih cabe dalam polybag kali ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara Kementan dengan Pemda DKI. 

Baca juga : BPN Targetkan Pengukuran Tanah Wadas Tuntas Jumat Ini

“Harapannya dalam beberapa bulan ke depan, setidaknya menjelang Hari Besar Keagamaan Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipanen hasilnya," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Retno Sri Hartati Mulyandari dalam sambutannya.

Kegiatan ini menjadi rangkaian kedua pembagian benih cabe dari Kementan untuk masyarakat di wilayah DKI Jakarta.

Sebelumnya, pembagian benih cabe kemasan telah dilaksanakan bersamaan dengan Gelar Pangan Murah di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) pada Juni 2022, yang kemudian dibagikan ke masyarakat di Kepulauan Seribu. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari, yanh mengungkapkan, pembagian benih cabe dalam polybag merupakan langkah cepat Kementan untuk mengantisipasi kondisi saat ini. 

Inti berharap, masyarakat dapat menanam benih cabe di pekarangan rumah. Hasilnya nanti dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Baca juga : Puan: Kawasan Jalan Bung Karno Harus Jadi Berkah Buat Masyarakat Purwokerto

Menurutnya, tahap-tahap selanjutnya sudah ada dalam rencana untuk membagikan benih cabai kepada masyarakat. Setidaknya, jika benih ini ditanam dan hidup di pekarangan rumah warga Jakarta, ketika berbuah dapat mengurangi pembelian cabe di luar. 

“Mudah-mudahan dapat membantu mengurangi lonjakan harga cabe,” harap Inti.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati menerangkan, ini bentuk tindak lanjut dan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengendalikan kebutuhan pangan strategis. 

Suharini juga menyatakan terima kasih kepada Kementan atas bantuan benih cabe dalam polybag ini.

Ini bentuk tindak lanjut dan bukti bahwa Pemprov DKI Jakarta ikut berperan serta mengendalikan kebutuhan pangan strategis, salah satunya cabe. 

Baca juga : BPH Migas Ingatkan Pentingnya Pengawasan Dan Peran Masyarakat

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kementan dan Direktorat Jenderal Hortikultura atas bantuan benih cabe ini. Seluruh benih cabe ini akan kami bagikan ke kelompok tani di Jakarta. Khsususnya di Kecamatan Cipayung, Ciracas dan Pasar Rebo,” jelas Suharini.

Benih cabe dalam polybag sejumlah 3.500 buah ini disediakan oleh Kelompok Tani Taman Pak Tani dari Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Benih cabe merupakan jenis cabe rawit prentul dengan varietas Dewata 43, dan disemai menggunakan media tanam jenis mix dengan komposisi 50 persen sekam bakar, 30 persen cocopeat, 10 persen pupuk kandang, dan 10 persen tanah subur.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.