Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mendag Siap Dukung Industri MLM Sistem Jual Langsung

Rabu, 27 Juli 2022 12:02 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat APLI Exhibition 2022, di Outdoor Pasaraya-Seibu Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (26/7). (Foto: Istimewa)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat APLI Exhibition 2022, di Outdoor Pasaraya-Seibu Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (26/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendukung keberadaan industri Multi Level Marketing (MLM) yang menggunakan sistem penjualan langsung (direct selling) kepada calon konsumen. Hal ini antara lain dijalankan oleh industri MLM yang berada di bawah naungan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI).

"Industri ini bagus karena orang yang tidak mengerti apa-apa diajarkan bagaimana berwirausaha sehingga memiliki jiwa entrepreneurship dan akhirnya bisa menjadi pengusaha," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan seusai menutup APLI Exhibition 2022, di Outdoor Pasaraya-Seibu Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (26/7).

Itu sebabnya, pemerintah mengapresiasi langkah dan upaya APLI dalam mengembangkan industri MLM di Tanah Air.

Baca juga : Di Rapim, Kemendagri Dukung Transformasi Digital Peruri

"Ini juga bisa memberdayakan sumber daya manusia yang ada menjadi terampil, bisa bekerja dan juga produktif. Apalagi, jutaan orang terlibat dalam industri ini sehingga berperan turut menumbuhkan perekonomian nasional. Jadi, kami dukung dan apresiasi apa yang dilakukan APLI," terang Zulkifli.

APLI Exhibition 2022 merupakan salah satu rangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke-38 APLI. Acara yang digelar sejak Minggu (24/7) ini diikuti 43 perusahaan dari total 108 perusahaan di bawah naungan APLI.

Ketua Umum APLI Kany V Soemantoro menyampaikan selama perhelatan APLI Exhibition 2022 disambut antusiasme masyarakat karena berdampak pada pendidikan, pengetahuan dan sosialisasi tentang industri MLM yang kian luas.

Baca juga : Bamsoet Dorong OJK Jaga Iklim Ekosistem Industri Keuangan Nasional

"Tahun depan, kami akan buat yang lebih baik lagi dan lebih luas lagi jangkauannya," tutur Kany.

Dia juga berharap melalui acara ini bisa menjadi pemacu bagi kalangan masyarakat untuk mengasah jiwa entrepreneurship.

"Apalagi, industri direct selling juga terbukti menggerakkan roda perekonomian nasional, sehingga kami harap industri ini bisa memakmurkan bangsa Indonesia," kata Kany.

Baca juga : Hadapi Tantangan Industri, Kemenperin Gandeng UNIDO

Wakil Ketua Umum APLI Andam Dewi menambahkan pameran yang baru pertama kali ini benar-benar memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Untuk itu, APLI berencana akan menyelenggarakan kegiatan serupa di daerah-daerah secara bergilir, karena masyarakat kita pada dasarnya ialah masyarakat entrepreneur. Harapannya, mereka bisa mendapat edukasi dan pengetahuan mengenai entrepreneurship," imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.