Dark/Light Mode

Jokowi Dan Erick Teguhkan Komitmen Bangun SDM Papua Lewat Sepak Bola

Rabu, 31 Agustus 2022 12:36 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir, saat bermain bola dengan talenta muda Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Rabu (31/8). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir, saat bermain bola dengan talenta muda Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Rabu (31/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Presiden Jokowi meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan Erick sempat bermain sepak bola dengan para talenta muda PFA. 

Erick menuturkan, peresmian PFA merupakan bagian dari komitmen pemerintah, untuk membangun sumber daya manusia Papua, yang antara lain dibangun lewat sepak bola.

Jadi, bukan hanya pembangunan infrastruktur saja, yang digenjot di Papua. 

Baca juga : Di Forum G20, Puan Ajak Kolaborasi Bangun Dunia Lebih Baik

 "Kita tahu, selama ini Papua adalah salah satu provinsi yang menjadi gudang talenta pesepak bola berbakat, yang telah mengharumkan Indonesia di pentas internasional. Semoga, peresmian Papua Football Academy ini bisa membuat anak Papua makin termotivasi mengharumkan nama daerah, sekaligus bangsanya Indonesia," papar Erick lewat keterangan tertulis, Rabu (31/8).

Erick bilang, sepak bola kini telah berkembang menjadi salah satu industri besar di dunia. Pria yang pernah menjadi Presiden Inter Milan itu bahkan mengatakan, sepak bola profesional telah menjadi salah satu profesi menjanjikan.

"Pembangunan manusia lewat sepak bola adalah salah satu agenda FIFA, yang sejalan dengan visi pemerintah. Papua adalah provinsi yang sangat mencintai sepak bola. Sangat tepat umenjadi sentra utama pembinaan sepak bola nasional," kata Erick.

Sebagai pecinta sepak bola, Erick paham betul bahwa sejarah sepak bola nasional tak terlepas dari pemain asal Papua.

Baca juga : U20 Tegaskan Komitmen Dukung Pemerintah Nasional

Oleh karena itu, Erick optimistis, kehadiran PFA dapat menjadi salah satu motor bagi perkembangan sepak bola dan timnas Indonesia.

"Terlalu banyak, jika kita menyebut nama pesepak bola Papua yang telah berkontribusi besar bagi timnas Indonesia. Sebut saja Boaz Solossa, Rully Nere, hingga kini Ricky Kambuaya. Ke depan, saya yakin, akan lebih banyak lagi anak Papua yang akan mengharumkan nama Indonesia di pentas sepak bola internasional," ujar Erick.

Dengan pembinaan yang baik dan profesional, Erick yakin talenta binaan PFA tak hanya mampu unjuk gigi di level nasional.

"Harapan kita, tentu akan muncul pemain asal Papua Football Academy yang akan bermain di Premier League, Serie A, atau LA Liga. Dengan usaha keras, Insya Allah kita bisa mewujudkannya," ucap Erick.

Baca juga : Mendagri Tekankan Pentingnya Membangun SDM Lewat Pendidikan

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mendelegasikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir, untuk fokus membangun infrastruktur Papua di segala bidang.

Selain membangun sekolah sepak bola, pemerintah juga sudah membangun sejumlah stadion olahraga berstandar internasional. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.