Dark/Light Mode

HUB.ID Summit Pertemukan 80 Startup Lokal Dengan Pemodal

Selasa, 6 September 2022 15:39 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendukung perusahaan rintisan (startup) yang berbasis teknologi untuk mengembangkan inovasinya. Salah satunya melalui acara HUB.ID Summit yang digelar selama 2 hari di Nusa Dua, Badung, Bali.

Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani menjelaskan, HUB.ID Summit merupakan wadah yang dinantikan bagi startup.

"HUB.ID menghubungkan 80 startup terpilih dengan para perusahaan modal ventura dan sejumlah mitra bisnis ternama," katanya di acara HUB.ID Summit di BICC Nusa Dua, Bali, dikutip Selasa (6/9).

Baca juga : Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral Dengan Marcos di Istana Bogor

Dari rangkaian acara diskusi panel dan pertemuan bisnis yang digelar di HUB.ID Summit, Kementerian Kominfo berharap 80 perusahaan teknologi rintisan (startup) yang terpilih untuk berpartisipasi dapat menjajaki peluang kerja sama. Terutama dari segi pendanaan.

“Kami percaya startup (di Indonesia) memiliki kemampuan dan potensi untuk menjadi tech giant (perusahaan teknologi yang besar). Oleh karena itu, kami menggelar HUB.ID Summit sebagai hub untuk menghubungkan startup tingkat awal, modal ventura, dan mitra bisnis, untuk menjajaki peluang kolaborasi dan investasi," paparnya.

Ia menyampaikan, pihaknya telah mengkurasi 80 startup untuk kegiatan temu bisnis tersebut. Puluhan startup itu bergerak di berbagai bidang, antara lain teknologi dan kesehatan, layanan publik, e-commerce, dan web 3.0.

Baca juga : Ketua BPK Komitmen Perkuat Kerja Sama Dengan SAI

Startup yang terpilih itu di antaranya Chickin, Dagangan, DOTX, Duitin, Eratani, Fishlog, Gajiku, Gorrywell, Hipajak, Jejakin, Klinik Pintar, Legalku, Mall Sampah, NOBI, Soul Parking, Teman Pasar, Verihubs, dan ZI.Care.

Sementara itu, perusahaan modal ventura dan mitra bisnis yang berpartisipasi di kegiatan HUB.ID Summit pada 5–6 September 2022, antara lain East Ventures, DG Ventures, dan AC Ventures.

Lalu, BEENEXT, Finch Capital, Cyber Agent Capital, J Trust Bank, Telkom, Midtrans, OCBC NISP Ventura, Sinarmas Land, Appworks, Investible, Jabar Digital Service, Jakarta Smart City, Bio Farma, dan Mandiri Capital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.