Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ketua BPK Komitmen Perkuat Kerja Sama Dengan SAI

Selasa, 30 Agustus 2022 15:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sekaligus Ketua Supreme Audit Institution (SAI) Isma Yatun menyatakan komitmennya untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi dengan komunitas SAI, baik nternasional, regional, maupun individu, di bawah kerangka bilateral serta organisasi internasional lainnya.

"Kerja sama antara BPK dan Australian National Audit Office atau ANAO dengan dukungan berkelanjutan dari pemerintah Indonesia dan Australia, kerjasama bilateral antara BPK dan ANAO telah berlangsung lebih dari 16 tahun," ujar Isma Yatun dalam sambutan di hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) SAI 20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/8).

Agenda di hari kedua antara lain membahas kegiatan bilateral atas dukungan ANAO terhadap inisatif pembentukan SAI20.

Berita Terkait : Permintaan LPSK, Bharada E Pake Pemeran Pengganti Saat Berhadapan Dengan Ferdy Sambo

Delegasi ANAO yang hadir antara lain, Auditor Jenderal Hibah Hehir, Senior Grup sekaligus Direktur Eksekutif Jane Meade, dan Penasehat Senior Kristin Gage.

Dalam sambutannya, Isma Yatun menyampaikan penghargaan atas bantuan yang terus menerus dari ANAO dalam penguatan BPK, keuangan dan kinerja manajemen audit.

Saat ini, disebut Isma Yatun, bantuan tersebut dilanjutkan dan dikembangkan lebih lanjut. Fokusnya dialihkan dari pelatihan teknis untuk mendukung diarahkan menuju manajemen strategis dan pengembangan organisasi, terutama melalui dialog manajemen senior di masa mendatang.

Berita Terkait : Ketua KPK Ajak Negara Asia Tenggara Kerja Sama Pemulihan Aset TPPU

"Untuk kegiatan yang akan datang, kami setuju bahwa Dialog Manajemen Senior dijadwalkan ulang akan diadakan pada Oktober 2022 di ANAO di Canberra, Australia," bebernya.

Kegiatan tersebut akan mencakup dan mengangkat topik "Perkembangan Saat Ini Audit Sektor Publik, Wawasan dari SAI, Audit SDGs". Pendekatan baru audit oleh SAI ini memposisikannya untuk memenuhi kebutuhan bagi pemangku kepentingan.

Cakupan kegiatannya juga mengangkat topik Bagaimana QA/QC berdampak menjaga integritas Lembaga Pemeriksa Keuangan.Kemudian, perencanaan untuk auditor masa depan, serta Perpanjangan Senior Advisor pasca Februari 2023.

Berita Terkait : Kapolda Metro Jaya Komitmen Jaga Jakarta Aman, Damai, Dan Sejuk

Selanjutnya Ima Yatun mengatakan, sangat menghargai dukungan signifikan ANAO ke SAI 20 terhadap prakarsa pembentukan SAI 20 termasuk kontribusinya dalam memberikan komentar dan wawasan untuk pengembangan draft komunike.

"Jane ldan Kristian telah berkontribusi secara aktif memberi masukan yang membangun selama pengembangan draft komunike," puji Isma Yatun.
 Selanjutnya