Dark/Light Mode

Rampung 100%, Flyover Kopo Kota Bandung Siap Diuji Coba

Senin, 19 September 2022 15:54 WIB
Flyover Kopo di Kota Bandung.
Flyover Kopo di Kota Bandung.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekerjaan flyover Kopo di Kota Bandung Jawa Barat, sepanjang 1,3 km ini telah selesai 100%.  Flyover ini sebagai upaya mengurai kemacetan di Kota Bandung, sehingga konektivitas jalan nasional dan jalan tol dapat terus ditingkatkan.. Kini flyover Kopo di Kota Bandung Jawa Barat, siap diuji laik fungsi sebelum beroperasi.
 
“Setelah dinyatakan aman dan sudah dirapihkan semuanya, baru dilakukan uji coba lalu lintas (open traffic), termasuk kelengkapan marka dan rambu-rambunya. Saat ini tengah dilakukan sosialisasi ke masyarakat terkait rencana uji coba tersebut, yang akan dilakukan pada Rabu, 21 September 2022 pukul 24.00 WIB atau Kamis, 22 September 2022 pukul 00.00 WIB,” kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, Senin (19/9) 

Menurut Endra selama uji coba secara terbatas terdapat beberapa ketentuan yang harus ditaati. Di antaranya jenis kendaraan yang diizinkan kendaraan roda dua dan mobil penumpang, termasuk kendaraan berat dengan pembatasan, lalu tidak diperbolehkan berhenti dan parkir di atas jalan layang, menjaga kebersihan, dan ketertiban di area flyover.  

Endra mengatakan, demi keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat selama masa uji coba, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat akan terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah dan Dinas Perhubungan Pemerintah setempat untuk pengaturan lalu lintasnya. Diharapkan juga partisipasi masyarakat Bandung untuk membantu menjaga dan memelihara Flyover Kopo. 

Baca juga : HUT RI Ke-77, The Bataks Band Guncang Tapanuli Utara

“Sesuai rencana timeline yang sudah disepakati, setelah dilakukan uji coba pada Rabu, 21 September pukul 24.00 WIB, maka selanjutnya akan dilakukan evaluasi bersama Forum Lalu Lintas Jabar. Diharapkan dalam waktu satu minggu sudah diperoleh hasilnya,” kata Endra. 

Secara paralel, Kementerian PUPR mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk terus mempercepat penyelesaian masalah pembebasan lahan yang berada di ujung flyover baik di sekitar Bandung Convention Centre (arah Tol Kopo dan Cibaduyut) maupun di sekitar Caringin (arah Tol Pasir Koja), sehingga tidak terjadi penyempitan jalan yang membahayakan pengguna jalan.

Kepala BBPJN Jakarta–Jawa Barat, Wilan Oktavian mengatakan, pembangunan Flyover Kopo dimulai pada November 2020 dengan nilai kontrak Rp 288,76 miliar. Dananya berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Seluruh proses pembangunan rampung minggu pertama September 2022. 

Baca juga : Petahana Di Papan Atas

Untuk kemudian dilakukan serah terima sementara pekerjaan provisional hand over (PHO). 

"Flyover ini memiliki panjang 1,3 km dan lebar 18 meter yang terdiri dari 4 lajur dan 2 jalur. Konstruksi flyover memiliki dua type gelagar type PCU Girder bentang 46 meter dan type PCI  Girder bentang 43 meter dengan pondasi yang di gunakan type bore pile diameter 1.2 meter," kata Wilan. 

Flyover Kopo di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung ini bertujuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di ruas yang menjadi penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Jalan Soekarno-Hatta di Kopo, merupakan jalur utama bagi para komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung. 

Baca juga : Golkar Tangerang Siap Jajaki Koalisi

Kawasan tersebut, juga terdapat 2 persimpangan dan akses tol yaitu Tol Kopo dan Tol Pasir Koja, sehingga kerap mengalami kemacetan. Diharapkan, keberadaan Flyover Kopo nantinya dapat mengurangi kepadatan arus kendaraan yang kerap terjadi di persimpangan Kopo, Cibaduyut dan Pasir Koja.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.