Dark/Light Mode

Kunjungan Kerja ke Sukabumi

Menteri Rini: BUMNShop Dongkrak Kesejahteraan Warga Desa

Selasa, 23 Juli 2019 17:55 WIB
Menteri BUMN Rini M Soemarno (tengah) saat menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 100 juta kepada salah satu UKM di Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Rini M Soemarno (tengah) saat menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 100 juta kepada salah satu UKM di Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali bersinergi memperluas jaringan layanan BUMNShop, untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa. Selain menjual produk-produk barang dan jasa yang dihasilkan BUMN, BUMNShop juga menjual produk-produk UMKM karya masyarakat sekitar.

Keberadaan BUMNShop nantinya juga akan meningkatkan layanan inklusi keuangan di masyarakat desa, melalui berbagai layanan transaksi keuangan.

Terkait hal ini, Menteri BUMN Rini M Soemarno menargetkan akan ada 100 BUMNShop di Kabupaten Sukabumi. Saat ini, 49 BUMNShop telah hadir untuk memenuhi kebutuhan warga di desa-desa di Sukabumi.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Tenaga Terampil, Jepang Gandeng Indonesia

"Saya ke sini mengecek langsung dan memastikan yang sudah kita bangun berjalan baik. Ke depan, kami akan mengevaluasi skala ukurannya, sehingga bisa juga menampung UKM lokal," kata Menteri Rini di sela kunjungannya ke Sukabumi, Selasa (23/7).

Produk-produk BUMN yang dijual di BUMNShop di antaranya adalah layanan penjualan kebutuhan sembako, obat-obatan, BBM dan LPG, kebutuhan pulsa, pupuk dan lain lain. 

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, BUMNShop juga menyediakan kios Pertashop, layanan Pertamina yang memberikan akses energi bagi masyarakat di pedesaan. Terutama, di daerah terpencil dengan menyediakan One Stop Pertamina Product yaitu BBM, LPG dan Pelumas. 

Baca juga : Menteri Rini Nggak Mau BUMN Ketinggalan Zaman

Sekitar 22 Pertashop kini telah beroperasi di Sukabumi, dan ditargetkan bertambah hingga 30 unit.

Pentingnya Digitalisasi

Dalam kesempatan yang sama, Rini juga menegaskan tentang pentingnya digitalisasi dalam mendukung penjualan produk-produk di BUMNShop. Digitalisasi diyakini akan membantu pemasaran dan perluasan usaha.

Baca juga : Menteri Rini: Bukti BUMN Diakui Dunia, Nggak Kalah Dengan Perusahaan Global

"Upaya-upaya ini tidak sebatas pada ketersediaan produk, tapi juga pemikiran jangka panjang. Bagaimana bisa menambah lapangan pekerjaan, dan menciptakan aktivitas produktif di tengah masyarakat," tegas Rini.

Untuk mendukung permodalan BUMNShop yang sudah beroperasi, BNI telah memberikan fasilitas pinjaman berupa kredit kemitraan kepada enam BUMDes sebagai modal kerja BUMN Shop. Skema pinjaman ini diharapkan akan menjadi percontohan bagi pengembangan BUMDes lainnya. 

Dalam event ini, juga diserahkan kredit kemitraan kepada BUMDes Motekar secara simbolis, yang diwakili Ilman - salah satu Ketua BUMDes - dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke salah satu pelaku UKM di Sukabumi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.