Dark/Light Mode

Mendes Minta PNS Tingkatkan Kesejahteraan Desa

Rabu, 13 Maret 2019 07:38 WIB
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo. (Foto : twitter@EkoSandjojo)
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo. (Foto : twitter@EkoSandjojo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo menegaskan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus tunduk dan patuh terhadap undang-undang.  Hal itu diungkapkan Eko saat membekali para 500 CPNS, saat kegiatan orientasi di Gedung Kemendes PDTT.

Menurutnya, tugas utama abdi negara adalah memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa. Eko mengingatkan, bahwa kementeriannya memiliki tanggung jawab besar untuk menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan yang tercantum pada Perpres No 12 tahun 2015 tentang Kemendes PDTT.

“Diharapkan CPNS mampu berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui pengabdian kepada masyarakat, mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme,” jelas Eko.

Baca juga : Menpora Minta Generasi Milenial Isi Keutuhan Bangsa Dengan Prestasi

Selain itu, juga punya mandat untuk menjalankan Undang Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa dan mengawal pelaksanaan Nawacita ke-3 yakni membangun Indonesia, dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Kapasitas CPNS Kemendes PDTT harus ditingkatkan. Memegang teguh peraturan perundang- undangan yang berlaku, serta siap menjadi Aparatur Sipil Negara yang profesional sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman,” kata Eko.

Eko juga mengingatkan, terkait program dana desa yang setiap tahunnya tidak pernah mengalami penurunan. Pada 2015 sebesar Rp 20,67 triliun, meningkat pada 2016 menjadi Rp 46,89 triliun. Lalu meningkat lagi menjadi Rp 60 triliun pada 2017 dan 2018. Serta pada 2019 meningkat lagi menjadi Rp 70 triliun.

Baca juga : Kemendagri Minta Semua Daerah Bentuk Badan Penanggulangan Bencana

“Selama empat tahun banyak capaian dari dana desa untuk menunjang aktivitas ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup mastarakat desa,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Anwar Sanusi mengatakan, pada seleksi yang diselenggarakan Oktober 2018, Kemendes menerima pelamar sebanyak 17.986. Mereka yang lolos seleksi administrasi sebanyak 11.970. Anwar bilang seleksi itu, merupakan satu tahapan yang sangat penting terutama untuk para calon CPNS di lingkungan Kemendes PDTT.

Anwar mengingatkan, supaya peserta untuk tetap optimistis walaupun kompetisi sangat ketat. Itulah sikap optimisme yang harus dipelihara dan dikembangkan, jadi apapun hasilnya itu yang terbaik. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.