Dark/Light Mode

MBS Jadi PM Arab Saudi, Jokowi Ucapkan Selamat

Jumat, 30 September 2022 11:15 WIB
Presiden Jokowi (kanan) dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud (MBS), yang kini ditunjuk menjadi Perdana Menteri. (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (kanan) dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud (MBS), yang kini ditunjuk menjadi Perdana Menteri. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud (MBS), atas jabatan barunya sebagai Perdana Menteri.

“Saya berharap, Indonesia dan Arab Saudi dapat meningkatkan kerja sama dalam memajukan hubungan bilateral. Termasuk, dalam sektor ekonomi,” kata Jokowi melalui akun Instagramnya, Jumat (30/9). 

Baca juga : Penyaluran BSU Dikebut, Jokowi: Saya Pantau Semuanya

Seperti dilansir Saudi Press Agency pada Selasa (27/9), MBS telah ditunjuk sebagai Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, sesuai dekrit kerajaan.

MBS yang lahir di Riyadh 31 Agustus 1985, sebelumnya menjabat Wakil Perdana Menteri, merangkap Menteri Pertahanan. Posisinya sebagai Menteri Pertahanan, kini digantikan adiknya, Khalid bin Salman, yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pertahanan.

Baca juga : Jokowi Senangkan Rakyat

Sementara para menteri senior, aman di posnya masing-masing. Termasuk Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, Menteri Keuangan Mohammed al-Jadaan, dan Menteri Investasi Khalid al-Falih.

Dengan menunjuk MBS sebagai perdana menteri, peran yang sebelumnya dan biasanya dipegang oleh raja, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud (86) telah melakukan transfer kekuasaan yang lambat namun stabil. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.