Dark/Light Mode

Menteri PUPR, Basuki Tinjau Irigasi Aceh

Selesai Desember, Tahap 1 Jaringan Irigasi Jambo Aye Kanan

Selasa, 18 Oktober 2022 19:50 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengendarai motor trail, saat meninjau Daerah Irigasi (DI) Jambo Aye Kanan di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur, Selasa (18/10/2022). [Foto: BIRKOMPU PUPR]
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengendarai motor trail, saat meninjau Daerah Irigasi (DI) Jambo Aye Kanan di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur, Selasa (18/10/2022). [Foto: BIRKOMPU PUPR]

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melanjutkan Kunjungan Kerja di wilayah Provinsi Aceh dengan meninjau Daerah Irigasi (DI) Jambo Aye Kanan di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur, Selasa (18/10/2022). Pembangunan jaringan DI Jambo Aye Kanan telah dimulai sejak akhir 2016 lalu, dengan target rampung pada akhir 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono memberikan keterangan kepada media, saat meninjau Daerah Irigasi (DI) Jambo Aye Kanan di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur, Selasa (18/10/2022). [Foto: BIRKOMPU PUPR]

Menurut Basuki, untuk DI Jambo Aye sebelah kiri sudah selesai seluas 19.000 hektare. Sementara Tahap I DI Jambo Aye sebelah kanan seluas 3.028 hektare, akan diselesaikan Desember 2022, seluas 1.100 hektare. “Kita akan tuntaskan sisanya hingga 3.028 hektare pada 2024. Sebagian tanahnya sudah siap," kata alumni S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta ini.

[Foto: BIRKOMPU PUPR]

Baca juga : Menteri Basuki Tinjau Penanganan Banjir Aceh Utara

Pembangunan jaringan irigasi DI Jambo Aye Kanan mencakup pekerjaan saluran primer sepanjang 10 km dan saluran jaringan sekunder 32 km yang akan mengairi area seluas 3.028 hektare.

Pekerjaannya dilakukan oleh kontraktor PT. Selaras Mandiri Sejahtera - PT. Nakhla Sampurna, KSO dengan biaya APBN senilai Rp225 miliar.

[Foto: BIRKOMPU PUPR]

Baca juga : Menteri ATR Janji Selesaikan Konflik Lahan Di Aceh

"Selain jaringan irigasinya, saya juga minta jalan inspeksi sisanya 4 km juga harus sudah selesai Desember 2022, sehingga kontraktor perlu upaya percepatan dengan menambah alat dan tenaga kerja," kata penerima Penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana pada 2019 ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.