Dark/Light Mode

Kemenag Kirim Qori Dan Hafiz Terbaik Ke Kancah Internasional

Rabu, 19 Oktober 2022 07:11 WIB
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam , Kamarudin Amin menutup  pelaksanaan MTQ Nasional ke 29 Selasa (18/10) malam.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam , Kamarudin Amin menutup pelaksanaan MTQ Nasional ke 29 Selasa (18/10) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan qori-qoriah dan hafid-hafizah terbaik dalam ajang kompetisi MTQ Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan didaulat sebagai wakil Indonesia dalam setiap even MTQ internasional di luar negeri.

Sebagai penyelenggara utama sekaligus perwakilan Pemerintah, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama telah membuat program-program yang sifatnya sustainable_bagi qori-qoriah maupun hafid-hafidzah terpilih. Hal itu dilakukan setelah menyisihkan ribuan peserta MTQ lainnya.

Usai penutupan MTQ Nasional malam tadi (18/10), , Kamarudin Amin mengatakan, qori-qoriah dan hafid-hafidzah yang terpilih dalam MTQ Nasional, memiliki wawasan keislaman dan kebangsaan yang kuat. Sehingga pantas mewakili Indonesia di kancah MTQ Internasional.

Baca juga : Ada Longsoran, KA Gajayana Muter Via Sidoarjo

“Insya Allah mereka memiliki akhlakul karimah serta wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, sehingga layak menjadi duta Indonesia dalam even MTQ internasional di luar negeri,” kata Kamaruddin kepada wartawan Rabu (19/10).

Dalam perhelatan akbar kali ini, Provinsi Jawa Timur keluar sebagai juara umum. Sementara dua utusan tuan rumah Provinsi Kalsel, Muhammad Rizqon dan Raudhah, terpilih sebagai qori-qoriah terbaik MTQ Nasional ke-29.

Kata Kamaruddin, seluruh juara akan ditunjuk sebagai pembina Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) tingkat provinsi, kota hingga kabupaten, seantero nusantara. 

Baca juga : Kementan Yakin Florikultura Indonesia Mampu Kuasai Pasar Internasional

"Alhamdulillah, kesuksesan MTQ Nasional di Kalimantan Selatan, adalah buah dari sinergitas kerja keras-kerja segenap eksponen bangsa, yang terlibat dalam perhelatan akbar MTQ,” tuturnya.

Di sisi lain, Kamaruddin mengatakan, kesuksesan MTQ merupakan hasil kerja keras-kerja ikhlas seluruh anak bangsa, yang terlibat dalam perhelatan akbar nasional 2 tahunan ini. 

"Pastinya program-program sustainable bagi qori-qoriah dan hafid-hafidzah yang di inisiasi oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag adalah wujud nyata perhatian Pemerintah terhadap umat islam,” pungkasnya. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.