Dark/Light Mode

BSN Kampanyekan Produk Ber-SNI Untuk Keluarga Indonesia Berkualitas

Sabtu, 29 Oktober 2022 09:03 WIB
Pembukaan Festival UMKM Ber-SNI, di Palembang Square, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (28/10). (Foto: BSN)
Pembukaan Festival UMKM Ber-SNI, di Palembang Square, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (28/10). (Foto: BSN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesadaran masyarakat untuk membeli produk yang berkualitas dan terjamin mutunya semakin tinggi. Konsumen Indonesia secara sadar membeli barang yang aman bagi kesehatan dan keamanan. Konsumen Indonesia pun secara aktif berbelanja untuk mendukung bisnis UMKM.  

Menyikapi ini serta dalam rangka peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional (BMN), Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan tokomutu.com, Pemprov Sumatera Selatan, dan International Council for Small Business (ICSB) Sumatera Selatan menyelenggarakan Festival UMKM Ber-SNI, di Palembang Square, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat-Minggu (28-30 Oktober 2022).

Plt Sekretaris Utama BSN Donny Purnomo dalam pembukaan Festival UMKM Ber-SNI di Palembang, Jumat (28/10) mengatakan, di Indonesia, salah satu indikator memilih produk yang berkualitas adalah yang sudah bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk memberikan kesadaran pentingnya produk yang ber-SNI, dimulai dari keluarga. 

Baca juga : Para Habib Dan Kiai Pimpin Doa Untuk Ganjar Dan Indonesia Di Jawa Timur

“Tidak ada sekolah menjadi orang tua. Semua berawal dari keluarga. Bagaimana pola asuhnya termasuk di dalamnya dalam memilih makanan, pakaian, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya dengan menggunakan produk yang ber-SNI maka dapat menjadikan anak yang sehat, kuat, dan bahagia. Better future, better nation," tutur Donny, seperti keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (29/10).

Donny menekankan, keluarga menjadi elemen penting untuk menjadikan Indonesia berkualitas. “Kita semua yakin bahwa produk ber-SNI itu aman dan berkualitas. SNI akan dirasakan manfaatnya jika diterapkan (oleh produsen). Produsen akan terdorong (merasa butuh) menerapkan SNI, jika konsumen menjadikan SNI sebagai referensi utama dalam mengkonsumsi produk (market driven), dan keluarga adalah unit terkecil untuk menciptakan market driven tersebut,” ujar Donny.

Mengusung tema “Produk ber-SNI untuk Keluarga Indonesia Berkualitas”, Festival UMKM Produk Ber-SNI merupakan ajang promosi produk UMK Ber-SNI yang aman dan berkualitas kepada masyarakat, terutama keluarga.

Baca juga : Panasonic Goes to Campus, Kembangkan Potensi Generasi Muda Berkualitas

Penyelenggaran festival, tambah Donny, bertujuan untuk mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Memakai SNI, mendorong masyarakat (keluarga) untuk memilih produk UMK ber-SNI, serta memfasilitasi business-matching.

Festival dibuka Febrita Lustia Herman Deru selaku Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Selatan dan Ketua Dekranasda Sumatera Selatan. Febrita menyampaikan bahwa penting bagi konsumen, apalagi ibu-ibu sebagai penentu yang dimakan dan dipakai anggota keluarga, untuk selalu menggunakan produk yang aman, berkualitas, dan ber-SNI.

“Peran ibu-ibu juga kadang double sebagai UKM. Saya sangat mendorong agar UKM-UKM di Sumsel menerapkan SNI sebagai jaminan keamanan dan mutu,” ucapnya.

Baca juga : ANTAM Luncurkan Emas Batik Indonesia Seri III

Sebagai rangkaian kegiatan BMN 2022, Festival UMKM Ber-SNI menghadirkan produk-produk berkualitas, berstandar SNI maupun internasional dari 17 UMK dari Palembang, Lahat, Pagar Alam, Klaten, Musi Rawas, Depok, Kuningan, dan Yogyakarta. Produknya pun beragam. Mulai dari makanan, seperti pangan olahan ikan, produk unggulan daerah seperti pempek, kerupuk ikan, abon ikan, madu, kopi, gula aren/gula palma, serta egg roll gluten free. Selain itu, juga terdapat produk mainan anak, kerajinan, alat kesehatan serta produk inovasi seperti modul kit sepeda listrik.

Tidak hanya UMK, dalam festival juga akan menampilkan industri penerap SNI seperti PT Servvo Fire Indonesia, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Paragon Technology and Innovation, dan PT Sinar Harapan Plastik. Juga mitra atau stakeholders BSN, seperti Bank Indonesia, Sampoerna Education and Training, PT Polytama Propindo, PT Anindya Certification and Testing, PT Triyasa Pirsa Utama, serta PT Garuda Sertifikasi Indonesia.

Dalam Festival UMKM Ber-SNI ini juga diselenggarakan berbagai macam talkshow, yakni Talkshow Kisah Sukses UMK Ber-SNI, Pola Asuh Anak Sehat dan Aman dengan Produk ber-SNI, serta SNI Minyak Makan Merah sebagai Alternatif Pemenuhan Nilai Gizi Masyarakat. Acara juga akan dimeriahkan dengan lomba-lomba seperti Lomba Stand Up Comedy SNI, Lomba Karaoke Keluarga, Lomba Tata Rias, Lomba Sajian Masak Pempek Ber-SNI, dan Lomba Seduh Manual (Tubruk) Kopi Ber-SNI.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.