Dewan Pers

Dark/Light Mode

ANTAM Luncurkan Emas Batik Indonesia Seri III

Kamis, 27 Oktober 2022 13:30 WIB
Acara peluncuran Produk Emas Batik Indonesia di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (27/10). (IST)
Acara peluncuran Produk Emas Batik Indonesia di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (27/10). (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM), anggota MIND ID BUMN Holding Industri Pertambangan mengumumkan bahwa Perusahaan melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia meluncurkan produk perhiasan dan emas batangan Batik Indonesia Seri Ill.

Peluncuran yang dilakukan di Hotel Sultan, Jakarta Kamis (27/10) ini menghadirkan empat motif batik warisan budaya nusantara Indonesia yang dituangkan dalam emas, yakni Batik Bokor Kencono(Solo), Batik Huk (Keraton Jogja), Batik Srimanganti(Banten), dan Batik Mahkota Siger(Lampung).

Selain di kemas dalam bentuk emas batangan, keempat motif batik ini juga hadir dalam bentuk emas batik perhiasan berupa liontin.

Berita Terkait : Pemerintah Mau Bebaskan Laut Indonesia Dari Sampah Plastik

General Manager PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Purwanto menyebutkan Batik yang diukir didalam emas batangan menandakan komitmen ANTAM dalam memperkuat kebudayaan yang sudah di tetapkan UNESCO.

"Motif batik yang terukir dalam emas dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat terkait batik nusantara.Keempat batik yang diluncurkan hari ini memiliki filosofi tersendiri dan keunikan masing-masing," katanya di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (27/10).

Selain berbentuk emas batangan, lanjutnya emas batik seri III ini juga berbentuk liontin yang bisa langsung dikenakan pembelinya.

Berita Terkait : Bamsoet Dukung Konser Slank Beautiful Smile Indonesia Tour

"Salah satu keunggulan dari seri III lainnya yakni adanya fitur keamanan tinggi ada microtaps yang tida bisa ditiru. Security microtaps kita desain agar tidak bisa ditiru, akan sulit kita tatap kalau tidak dengan kaca pembesar Ini juga bisa jadi koleksi dan investasi bagi masyakat yang aman," katanya.

Dia juga mengungkapkan sebelumnya pada emas batik seri I dan II berhasil menarik minat masyarakat yang cukup banyak.

"Sebelumnya kami juga berhasil luncurkan emas batik seri I dan II sebanyak 10 ribu /pcs atau per keping," ungkapnya.

Berita Terkait : IPMI: Stunting Mengancam Kualitas SDM Indonesia

Direktur Pengembangan Usaha ANTAM, Dolok R. Silaban menyebutkan ANTAM akan terus menjaga dan mewariskan budaya nusantara berbentuk produk emas berkualitas.

“Peluncuran produk Emas Batik Indonesia Seri III ini menandakan konsistensi ANTAM selama delapan tahun terakhir untuk mengangkat warisan dan budaya nusantara serta menjawab keinginan pelanggan untuk memiliki produk perhiasan eksklusif dari ANTAM," ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (27/10). 
 Selanjutnya