Dark/Light Mode

Kepala BPSDMI Kemenperin: SMAK Bogor Jadi Role Model Pendidikan Vokasi

Senin, 26 Desember 2022 18:58 WIB
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus komitmen mencetak SDM industri yang komponen. Salah satunya dengan mengembangkan SMK-SMAK Bogor.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan mengatakan, upaya pengembangan SMK-SMAK Bogor ini merupakan bagian dari strategi Kemenperin dalam menyiapkan SDM industri yang kompeten. Pihaknya menyadari permasalahan SDM industri yang kompeten merupakan salah satu isu, dari sembilan isu terkait pengembangan industri yang harus di selesaikan.

Karena dengan penyiapan SDM industri kompeten akan dapat mendorong kinerja sektor industri, selain upaya penarikan investasi dan penguasaan teknologi. Untuk itu, Kemenperin memiliki strategi pengembangan SDM industri yang tertuang keputusan Menteri Perindustrian nomor 1009 tahun 2021 tentang BPSDMI Corporate University.

Baca juga : Cetak SDM Industri Berkualitas, Kemenperin Kembangkan SMK-SMAK Bogor

Melalui kebijakan ini, kata Arus, visi dan misi SMK Kemenperin telah di tetapkan sama. Dengan visi menjadi penyelenggara pendidikan kejuruan industri yang excellence dan bertaraf internasional. “Kami berharap dengan pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan di SMK-SMAK Bogor ini, menjadi salah satu jalan nyata untuk mewujudkannya,” ujarnya saat memberikan laporan acara groundbreaking pembangunan gedung SMK-SMAK Bogor, Senin (26/12).

Menurut Arus, sejak berdiri tahun 1950, sampai tahun 2022, SMK-SMAK Bogor telah menghasilkan 8.462 lulusan yang pada saat wisuda rata-rata sudah diserap sebesar 90 persen oleh industri. Saat ini lulusan telah tersebar di berbagai industri dan lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, kata dia, prestasi SMK-SMAK Bogor  juga sangat membanggakan. Sejak tahun 2020 sampai tahun 2022, SMK-SMAK Bogor menempati menjadi Peringkat Pertama SMK berdasarkan hasil UTBK dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dan mendapat animo pendaftar yang tinggi.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bogor 26 Desember, Hadir Di Mall Botani Square

“Oleh karena prestasi inilah, SMK-SMAK Bogor menjadi role model penyelenggaraan pendidikan vokasi yang akan ditiru oleh SMK lainnya,” ujarnya.

Meskipun, SMK-SMAK Bogor telah menjadi role model pendidikan vokasi, pihaknya terus berbenah diri. Lokasi SMA-SMAK Bogor yang saat ini di Jl. Binamarga I Ciheuleut Baranangsiang, Bogor tidak lagi dimungkinkan untuk dilakukan pengembangan secara vertikal maupun horizontal.

Untuk itu dilakukan pengembangan SMK-SMAK Bogor melalui pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan pada lahan seluas 35.000 m2 yang berlokasi di Kelurahan Tanah Baru, Kota Bogor. Pembangunan meliputi: dua gedung kelas untuk proses pembelajaran dengan jumlah ruang kelas sebanyak 40 ruangan yang dapat menanpung 1.200 siswa; satu gedung Perkantoran untuk administrasi penyelenggaraan pendidikan.

Baca juga : SKK Migas Dan Kementerian ESDM Adakan Program Penilaian Dan Pembinaan Bersama

Kemudian, tiga gedung laboratorium untuk menunjang kegiatan praktis pembelajaran siswa; satu gedung auditorium; dan satu gedung Masjid untuk sarana ibadah bagi, guru, siswa dan masyarakat sekitar

Arus mengatakan, pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan SMK-SMAK Bogor ini dibiayai melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Pekerjaan konstruksinya direncanakan selesai pada semester 1 tahun 2024 bersamaan dengan pengisian peralatan praktek workshop dan laboratorium. Dengan demikian gedung pendidikan SMAK Bogor, akan dapat dioperasikan pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2024/2025.

“Melalui pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran pada SMK-SMAK Bogor untuk dapat melahirkan lebih banyak generasi penerus yang kompeten dan profesional serta menginspirasi lahirnya sekolah vokasi nasional yang berwawasan global dan berkarakter,” tukasnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.