Dark/Light Mode

Menteri Siti Optimis, Kinerja Positif Pembangunan LHK Lanjut Di 2023

Selasa, 27 Desember 2022 21:30 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya (tengah)  didampingi Wamen LHK Alue Dohong (kiri)  melakukan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023 dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja, Selasa (27/12). (Foto: Dok. Kementerian LHK)
Menteri LHK Siti Nurbaya (tengah) didampingi Wamen LHK Alue Dohong (kiri) melakukan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023 dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja, Selasa (27/12). (Foto: Dok. Kementerian LHK)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti juga menyampaikan sejumlah penghargaan yang diraih KLHK selama Tahun 2022 sebagai tanda dan apresiasi atas keseriusan, serta kerja sungguh-sungguh seluruh jajaran KLHK.

Pertama, Opini Wajar Tanpa Pengecualian, untuk laporan keuangan Kementerian. Kedua, penghargaan tertinggi Bhumandala Kanaka dari BIG untuk kategori tata kelola geospasial.Ketiga, peringkat pertama Indonesia SDG's Actions Awards kategori Kementerian/Lembaga.

Keempat, penghargaan kepada penyidik perempuan KLHK pada Asia Environmental Enforcement Awards kategori Gender Leadership and Women’s Empowerment. Kelima, penghargaan sebagai Badan Publik Informatif selama 4 tahun berturut-turut. Keenam, anugerah kearsipan dengan nilai sangat memuaskan dari Arsip Nasional RI.

Baca juga : Pengamat Sebut Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno Pasangan Ideal Di Pilpres 2024

Ketujuh, penghargaan berbagai sistem informasi sebagai sistem inovasi KLHK seperti SIPUHH, SIMONTANA, dan Sipongi. Kedelapan, penghargaan atas penerapan kebijakan pengarusutamaan gender melalui alokasi atau penempatan ASN perempuan dalam Jabatan Tinggi Madya dan Pratama sebesar lebih dari 30 persen.

Meski begitu, Menteri Siti memberikan sejumlah catatan khususnya pada aspek pengawasan dan reformasi hukum. Menurutnya, seluruh jajaran KLHK harus semakin bertekad untuk memperbaikinya.

"Pada beberapa hal teknis kita sangat kuat. Tapi pada aspek administratif dan sistem penunjang, harus terus kita perkuat," ungkapnya.

Baca juga : Ormas Daerah Ingin Pembangunan IKN Libatkan SDM Lokal

Lebih lanjut Menteri Siti mengatakan, berbagai penghargaan yang diraih juga tidak luput dari langkah korektif yang dilakukan. Kinerja KLHK telah menunjukkan perbaikan kondisi lingkungan bagi pembangunan nasional. Kondisi lingkungan yang beragam dan kompleks ini, menuntun perbaikan kebijakan sesuai dengan kondisi tapak dan lansekap masing-masing wilayah.

Ia meyakini bahwa kunci dalam menghadapi setiap tantangan terletak pada kekuatan kita untuk terus bersatu dan bahu membahu tiada henti menyiapkan kondisi lingkungan yang semakin baik.

"Saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajaran KLHK, dan semua pihak yang telah mendukung keberhasilan, perbaikan tata kelola, kerja-kerja kehutanan dan lingkungan," pungkas Menteri Siti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.