Dewan Pers

Dark/Light Mode

Cek Lokasi, Menteri ATR Janji Selesaikan Konflik Lahan di Surabaya

Kamis, 5 Januari 2023 14:35 WIB
Menteri ATR,  Hadi Tjahjanto  meninjau tiga lokasi permasalahan lahan Di Surabaya, Kamis (5/1)
Menteri ATR, Hadi Tjahjanto meninjau tiga lokasi permasalahan lahan Di Surabaya, Kamis (5/1)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian ATR/BPN bergerak cepat menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait penyelesaian permasalahan yang telah terjadi puluhan tahun di Surabaya. 

Langkah ini sebagai upaya memecahkan beberapa persoalan terkait hak atas tanah yang menyangkut masyarakat dengan perusahaan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto langsung meninjau tiga lokasi permasalahan lahan terkait hak atas tanah yang menyangkut masyarakat dengan BUMN. Di antaranya, lokasi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, lokasi sengketa surat ijo dan lokasi permasalahan tanah PT KAI dengan Pekumpulan Warjoyo, Kelurahan Sawunggaling.

Berita Terkait : Nataru, Kementerian ESDM Pastikan Pasokan Listrik Jamali Aman

Sebelumnya, telah dilakukan konsolidasi serta koordinasi dengan beberapa pihak yang terkait dengan persoalan tersebut, antara lain PT Pelindo III dan Pemerintah Kota Surabaya. 

"Kita akan mencari solusi yang terbaik, yang solutif sehingga masyarakat bisa memiliki kepastian hukum," kata Menteri ATR/Kepala BPN usai meninjau lokasi padat penduduk di Kelurahan Sawunggaling, Kamis (5/1).

Menurutnya, penyelesaian masalah tanah tentu tidak bisa ditindaklanjuti hanya dengan kerja Kementerian ATR/BPN saja. Maka dari itu, Hadi berharap kepada pihak BUMN untuk membantu memberikan solusi terbaik untuk masyarakat. 

Berita Terkait : Menteri Teten Janji Bangun 250 SPBU Nelayan di Tahun Depan

"Tentunya kita juga akan tawarkan solusi-solusi penyelesaian apa saja," ujarnya.

"Kalau kita melihat secara fisik semua sudah berpenduduk, sudah padat dengan gang yang sempit semua, dan rata-rata masyarakat juga saya lihat ada yang punya hanya 20 meter," tambah Hadi.

Dengan meninjau langsung ke lapangan, Hadi mengaku dapat memudahkan pihaknya dalam hal memperoleh informasi. Dengan informasi yang didapat langsung di lapangan, Ia pun dapat segera menindaklanjuti penyelesaian konflik tersebut dan berharap permasalahan yang dihadapi masyarakat Surabaya dapat segera selesai.

Berita Terkait : Hadapi Nataru, Pertamina Siagakan Tim Satgas di Sumatera Utara

"Mudah-mudahan bisa segera selesai, ini perlu waktu, yang penting menteri sudah tahu permasalahan di sini sehingga saya bisa laporkan kondisinya ke Pak Presiden," pungkasnya. ■