Dark/Light Mode

Geber Pembiayaan Infrastruktur, Ganjar Berhasil Wujudkan Desa Di Jateng Makin Mandiri

Jumat, 27 Januari 2023 15:41 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Khusus tahun 2022, Pemprov Jateng menggelontorkan bantuan keuangan kepada pemerintahan desa bidang Sarpras Perdesaan pada 2022 sebesar Rp 1.662.977.500.000. Bantuan itu untuk pembangunan sarpras di 12.425 titik.

Ada tiga OPD yang menangani bankeudes yaitu Dinas Permadesdukcapil yang menangani pemberian bankeu pemdes untuk sarpras.

Dua OPD lain adalah Disperakim menangani bantuan RTLH, dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata yang menangani pengembangan desa wisata.

Baca juga : Ini 4 Arahan Gubernur Ganjar Percepatan Penanganan Kemiskinan Di Jateng

Plt Kepala Dinas Permadesdukcapil Jateng Didi Haryadi menjelaskan, pihaknya menangani bankeu sarpras. Seperti pembangunan atau penyediaan sarana prasarana drainase, pengaspalan, betonisasi, perbaikan kantor desa, talud, embung, energi yang terbarukan.

Selain itu, kantor BUMDes, Kios Pasar Desa, penyediaan air bersih, pengadaan kesenian, perpustakaan desa, taman bacaan desa, dan sebagainya.

"Di tahun 2022 (bankeu sarpras) menjadi 12.425 titik atau dengan total Rp1,6 triliun. Kepedulian serta perhatian terhadap pembangunan sarpras perdesaan, pemulihan ekonomi desa, penanganan kemiskinan di desa, luar biasa yang terjadi di Jawa Tengah," ungkap Didi.

Baca juga : Sekretariat Pembiayaan Perumahan Diklaim Bakal Tekan Backlog Perumahan

Ditambahkannya, bantuan yang diberikan itu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Didi mencontohkan, pada 2020 pemprov memberikan bantuan sarpras desa di 5.326 titik sasaran pembangunan, dengan jumlah anggaran Rp 933 miliar.

Pada 2021, bantuan keuangan sarpras meningkat signifikan, yaitu 6.953 titik lokasi dengan anggaran mencapai Rp 1,069 triliun.

“Ini kepedulian dan kehadiran Pemprov Jateng dalam ikut serta berperan membangun desa-desa di Jawa Tengah,” tandas Didi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.