Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko PMK: Prestasi Olahraga Terkendala Stunting

Selasa, 14 Februari 2023 20:53 WIB
Menko PMK, Muhadjir Effendy menghadiri Announcement of Chef De Mission Multievent Tim Indonesia 2023 di Kantor KOI, Selasa (14/2)
Menko PMK, Muhadjir Effendy menghadiri Announcement of Chef De Mission Multievent Tim Indonesia 2023 di Kantor KOI, Selasa (14/2)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prestasi olahraga Indonesia saat ini belum begitu 'mentereng' dikarenakan masih banyaknya generasi stunting yang mengisi pos-pos olahraga nasional.

"Dugaan saya kenapa prestasi kita tidak melesat karena memang masih banyak generasi stunting," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menghadiri kegiatan Announcement of Chef De Mission Multievent Tim Indonesia 2023, di Kantor Komisi Olimpiade Indonesia (KOI) Selasa (14/2).

Baca juga : Menhub Perkuat Kerja Sama Transportasi Dengan Singapura

Menurut Data Bank Dunia atau World Bank usia produktif atau angkatan kerja Indonesia pada masa bayinya mengalami stunting mencapai 54%. Artinya, hampir separuh angkatan kerja saat ini adalah penyintas stunting.

Untuk menghasilkan generasi Indonesia yang tangguh, dan berdaya saing, maka Muhadjir mengatakan, Pemerintah berupaya untuk mengurangi potensi lahirnya generasi stunting dan juga menangani kemiskinan ekstrem. 

Baca juga : Fraksi PKS Apresiasi Pemerintah RI Bantu Korban Gempa Turki Dan Suriah

Target yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 2024 adalah 14 persen, kemudian untuk kemiskinan pada 2024 ditargetkan 0 persen.

Berbagai intervensi dilakukan Pemerintah untuk mencapai target penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem di seluruh Indonesia. Dimulai pada remaja perempuan, sebelum kehamilan, dan intervensi saat kehamilan dengan pemenuhan gizi ibu hamil, dan pemenuhan gizi pada bayi dan balita. Kemudian, untuk kemiskinan ekstrem, intervensi yang dilakukan pemerintah adalah dalam pemenuhan sarana sanitasi dan air bersih, dan perbaikan lingkungan kumuh.

Baca juga : Muzani: Peran Pendamping Desa Penting Atasi Kemiskinan Dan Stunting

Menurut Muhadjir, upaya penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah untuk memastikan generasi yang lahir adalah generasi tangguh dan unggul yang bebas dari stunting.

"Kita tidak mungkin akan mengharapkan generasi ke depan itu tangguh, menang di semua event olahraga kalau sejak awal dia harus diyakinkan kalau dia tidak stunting," ungkapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.