Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Tjahjo Bacakan Puisi di Malam Tasyakuran HUT RI Ke-74

Senin, 19 Agustus 2019 23:15 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat membacakan puisi di acara Malam Tasyakuran HUT RI Ke-74 di kantor Kemendagri, Senin (19/8). (Foto: Didi Rustandi/Rakyat Merdeka).
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat membacakan puisi di acara Malam Tasyakuran HUT RI Ke-74 di kantor Kemendagri, Senin (19/8). (Foto: Didi Rustandi/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo secara khusus dan spesial membacakan Puisi “Aku Melihat Indonesia” yang ditulis oleh Presiden RI Pertama, Soekarno.

Puisi tersebut, Ia bacakan di acara Malam Tasyakuran HUT RI Ke-74 RI Lingkup Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional pengelola Perbatasan (BNPP) yang diadakan di halaman Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (19/8).

“Karena sambutan telah disampaikan Pak Sekjen, maka saya akan membacakan Puisi saja,” kata Tjahjo yang disambut gemuruh tepuk tangan dan sorak sorai para hadirin.

“Puisi ini, ditulis oleh Bung karno, Proklamotor sekaligus Presiden Pertama kita, yang berjudul “Aku Melihat Indonesia,” imbuhnya.

Baca juga : Kuliner Nusantara dan Angklung Meriahkan Peringatan HUT RI Ke-74 di Helsinki

Berikut, Puisi yang dibacakan Mendagri:

Jika aku berdiri di pantai Ngliyep, Aku mendengar lautan Indonesia bergelora.

Membanting di pantai Ngeliyep itu Aku mendengar lagu-sajak Indonesia .

Jikalau aku melihat Sawah menguning- menghijau Aku tidak melihat lagi Batang padi menguning–menghijau. Aku melihat Indonesia.

Baca juga : Sejumlah Tokoh Masyarakat Meriahkan HUT RI Ke-74 di kantor KNRP

Jika aku melihat gunung-gunung, Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Merbabu, Gunung Tangkuban Prahu, Gunung Klebet dan gunung-gunung yang lain. Aku melihat Indonesia.

Jikalau aku mendengar pangkur palaran Bukan lagi pangkur palaran yang kudengarkan. Aku mendengar Indonesia.

Jika aku menghirup udara ini Aku tidak lagi menghirup udara. Aku menghirup Indonesia.

Jika aku melihat wajah anak-anak di desa-desa. Dengan mata yang bersinar-sinar (berteriak) Merdeka! Merdeka!, Pak! Merdeka! Aku bukan lagi melihat mata manusia. Aku melihat Indonesia!

Baca juga : Sinergi BUMN Meriahkan Rangkaian HUT RI ke-74 di Gorontalo

Pembacaan puisi oleh Mendagri tersebut, semakin memeriahkan Malam Tasyakuran HUT RI ke-74 RI Lingkup Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional pengelola Perbatasan (BNPP).

Mendagri Tjahjo Kumolo berharap, pembacaan puisi tersebut dapat meningkatkan nasionalisme dan cinta akan tanah air di lingkungan Kemendagri dan BNPP. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.