Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Persiapan Pemilu Terus Berjalan, Kemendagri: Jangan Percaya Isu Penundaan Pemilu

Kamis, 2 Maret 2023 22:29 WIB
Warga sedang memilih di Pemilu. (Foto: Antara)
Warga sedang memilih di Pemilu. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengerahkan semua sumber daya supaya Pemilu 2024 berjalan lancar dan sesuai rencana. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau masyarakat supaya jangan mudah percaya terhadap isu penundaan Pemilu. 

"Dengan berbagai peraturan yang sudah diterbitkan, partai politik peserta pemilu yang sudah ditetapkan, dan tahapan pemilu yang sudah berjalan, serta sosialisasi tentang  penyelenggaraan pemilu yang terus berjalan, seharusnya masyarakat tidak perlu lagi terpengaruh dengan isu penundaan pemilu ini," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benni Irwan, kepada RM.id, Kamis (2/3). 

Baca juga : Sukseskan Pemilu 2024, Kemendagri Minta Kepala Daerah Lakukan 3 Hal Ini

Benni memastikan, Pemerintah akan terus menggerakan seluruh sumber daya yang dimilikinya, baik ditingkat pusat maupun di tingkat daerah untuk melakukan berbagai kegiatan dukungan dan fasilitasi terhadap seluruh tahapan pemilu. Hal itu juga dilakukan untuk meyakinkan seluruh lapisan masyarakat, bahwa pemilu akan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Menurutnya, Kemendagri bersama lembaga lain terus berkoordinasi mempersiapkan pemilu. Saat ini, penyelenggara pemilu telah melaksanakan beberapa tahapan Pemilu 2024. Yaitu, tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap daftar pemilih yang akan menjadi pemilih pada pemilu tahun 2024. 

Baca juga : Kemendagri: Jangan Percaya Isu Penundaan Pemilu

Di samping itu, penyelenggara juga terus menyiapkan regulasi dan juknis yang akan digunakan sebagai dasar oleh peserta pemilu dan penyelenggara pemilu ditingkat terbawah. Demikian pula halnya dengan dukungan dan fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah (Pemda), dari berbagai aspek. Seperti aspek hukum, keuangan, penyelenggara, dukungan data, serta berbagai bentuk dukungan dan fasilitasi lainnya.

"Saat ini semua sedang berlangsung untuk kesuksesan  penyelenggaraan pemilu 2024," jelasnya. 

Baca juga : Misi Kemenangan Perdana

Mengenai kendala, Benni mengakui, sejauh ini belum ada yang berdampak signifikan mengganggu tahapan pemilu. Hanya beberapa hal yang perlu diantisipasi adalah kondisi cuaca dan akses, terhadap sejumlah lokasi yang sulit dijangkau, dalam proses coklit pemilih maupun distribusi logistik pemilu kedepan. 

"Kemendagri terus berkoordinasi dengan Penyelenggara Pemilu dan DPR, baik dalam penyusunan regulasi teknis kepemiluan maupun melakukan inisiasi dalam mendukung setiap tahapannya," imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.