Dark/Light Mode

Zulhas: Harga Pangan Stabil Di Awal Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 10:14 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat kunjungi Pasar Lama, Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (18/3). (Foto: Kemendag)
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat kunjungi Pasar Lama, Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (18/3). (Foto: Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki puasa Ramadan 1444 H, Pemerintah memastikan harga bahan pangan pokok stabil dan stoknya aman di pasaran. 

"Saya sudah keliling di Jawa Tengah, di mana-mana harganya masih stabil, mudah-mudahan kalaupun naiknya engga banyak,” kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan seperti dikutip, Kamis (23/3).

Dijelaskannya, saat ini harga bawang merah masih bertahan di kisaran Rp 40 ribu per kg. Sementara daging ayam ras Rp 33 ribu hingga Rp 35 ribu per kg.

Baca juga : Dubes Rosan: Ibu Mari Elka Pangestu Mentor Dan Sahabat Diskusi Luar Biasa

Selain itu, Zulhas menegaskan, stok minyak goreng bersubsidi, MinyaKita masih banyak di pasar-pasar tradisional. Pihaknya sengaja tak mendistribusikan minyak tersebut ke ritel modern maupun marketplace karena memang ditujukan bagi kalangan menengah ke bawah.

“Kalau cari di marketplace engga ada, di ritel modern engga ada, kita kembalikan ke pasar dulu, karena memang minyak kita itu untuk ibu-ibu," kata Zulhas. 

Ia menjelaskan, begitu terkenal semua orang cari MinyaKita, akhirnya pengguna minyak premium pindah ke MinyaKita. Kondisi tersebut membuat stok Minyak Kita yang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah menjadi tidak cukup.

Baca juga : Polri Siapkan Pengamanan Ramadan 2023

"Karena itu nggak cukup, kita sudah tambah stok nya dari 300 ribu ton menjadi 400 ribu ton per bulan,” ucapnya.

Zulhas pun berharap kestabilan stok dan harga pangan selama Ramadan hingga Lebaran 2023 ini bisa terjaga. “Jadi kita harap puasa dan Lebaran ini mudah-mudahan semuanya, bantu doa, kita kerja keras agar ketersediaan dan harga terjangkau,” tukas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.