Dark/Light Mode

Menko Muhadjir: Masyarakat Yang Balik Ke Jakarta 27-29 April Dapat Diskon Tarif Tol

Minggu, 23 April 2023 16:34 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Sekretariat Presiden)
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, akan ada diskon atau potongan tarif masuk tol sebesar 20 persen bagi pemudik yang hendak balik ke Jakarta.

Diskon atau potongan harga masuk tol itu diberikan kepada masyarakat yang melintasi ruas tol Semarang hingga Jakarta. Pemberian diskon itu kata dia, dilakukan atas inisiatif PT Jasa Marga.

Tujuannya, agar masyarakat tidak melakukan perjalanan pada saat puncak arus balik, yang diprediksi terjadi pada 24-25 April 2023.

"Saya mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan oleh Jasamarga dan seluruh operator jalan tol dengan memberikan diskon 20 persen untuk ruas jalan tol Semarang-Jakarta," puji Muhadjir saat konferensi pers secara daring bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Minggu (23/4).

Baca juga : Menhub Sarankan Pemudik Balik Antara 26-29 April 2023

Diterangkannya, diskon itu bakal berlaku bagi pemudik yang melintas Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek pada tanggal 27 sampai 29 April 2023.

Pemberlakuan potongan harga masuk tol itu akan serentak ditetapkan di seluruh ruas jalan tol Semarang-Jakarta pada pukul 06.00 pagi di tanggal 27 April.

"Mulai tanggal 27 April sampai 29 April 2023 dimulai jam 06.00 lagi diakhiri juga jam 06.00 WIB," beber Muhadjir.

"Tadi saya melakukan rapat koordinasi sebelum melakukan pertemuan ini dengan BUJT dan para pengelola jalan tol dan telah disepakati diskon 20 persen dari Kalikangkung sampai dengan Cikampek dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan Jasa Marga," imbuhnya. 

Baca juga : 76,8 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi, Tertinggi Dalam 8 Tahun

Muhadjir pun meminta kepada para pengelola jalan tol termasuk perusahaan penerbangan dan penyeberangan lainnya, untuk memberikan potongan harga serupa.

Tujuannya, agar masyarakat bisa terhindar dari penumpukan kendaraan di masa puncak arus balik lebaran besok.

"Saya mengimbau agar dikeluarkan kebijakan yang mampu mendorong masyarakat untuk kembali pada periode tanggal 27 sampai 30 April 2023 yaitu seperti pemberian diskon untuk semua moda transportasi lewat tol, darat laut dan udara," imbau mantan Mendikbud ini.

Selain itu, disampaikan Muhadjir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah meminta kepada para penyedia jasa penerbangan untuk memberikan diskon.

Baca juga : Perkuat Kontribusi Bagi Masyarakat Dan Negara, BSI Salurkan Zakat Lebih Dari Rp 173 Miliar

"Bapak menhub telah meminta Garuda, Citilink, Lion Group untuk memberikan diskon pada 26 sampai 29 April 2023 untuk mendorong pemudik kembali ke Jakarta pada tanggal-tanggal tersebut," tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.