Dark/Light Mode

Menhub Jempolin Skuter Listrik Hasil Konversi Diekspor ke Eropa

Senin, 5 Juni 2023 21:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (ketiga kanan) setelah menandatangani secara langsung skuter hasil konversi Elders Garage di kantor Kementerian Peehubungan, Senin (5/6). (Foto: Istimewa)
Menhub Budi Karya Sumadi (ketiga kanan) setelah menandatangani secara langsung skuter hasil konversi Elders Garage di kantor Kementerian Peehubungan, Senin (5/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) PT Roda Elektrik Asia (Elders Garage) yang mampu menjadi pelopor untuk membuat skuter listrik hasil konversi.

Elders Garage merupakan salah satu pengelola bengkel konversi sepeda motor konvensional ke sepeda motor listrik yang sudah tersertifikasi.

Skuter listrik limited edition ini merupakan hasil kolaborasi antara Elders Garage dengan Motolino, dealer Vespa terbesar yang ada di Swiss.

Baca juga : Bank Mandiri Mudahkan Pembelian Motor Listrik Volta Di Fitur Livin` Sukha

"Kreativitas dari para pelaku UKM yang ada di Indonesia, seperti Elders Garage ini luar biasa. Saya pikir produknya untuk dijual di Indonesia saja, ternyata juga ekspansi untuk ekspor ke Eropa. Jadi patut kita dukung penuh," katanya usai menandatangani secara langsung skuter hasil konversi Elders Garage di kantornya, Senin (5/6).

BKS-sapaan akrab Budi Karya berpesan kepada para pelaku UKM yang bergerak di bidang otomotif untuk mencontoh apa yang dilakukan oleh Elders Garage, yaitu dengan menggandeng pelaku industri yang lebih besar agar bisa memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

"Kalau produk ini bisa dibuat massal, maka akan lebih ekonomis harganya," ujarnya.

Baca juga : Menko PMK: Penanganan Stunting Harus Terus Berkelanjutan

Menhub juga terus mendorong sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah, pelaku industri otomotif dan masyarakat, dalam upaya membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Sekedar informasi, skuter listrik hasil konversi ini telah di uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), dengan spesifikasi kendaraan berkapasitas mesin 110cc, dengan daya baterai mencapai 3000 watt.

Pengujiannya meliputi pemeriksaan kelaikan sistem penggerak motor listrik dan pengujian tipe fisik kendaraan bermotor listrik.

Baca juga : Delegasi Pemerintah Malawi Tertarik Dengan Konsep SDGs Desa

Chief Executive Officer (CEO) Elders Elettrico Heret Frasthio mengungkapkan, total ada 240 skuter listrik yang akan diekspor ke Swiss. Heret mengatakan, ini adalah ekspor perdana mereka dalam jumlah besar.

Sebelumnya, pihaknya hanya mengekspor dalam jumlah satuan sesuai pesanan.

"Nilainya setara Rp 5 miliar secara total di tahap pertama ekspansi Elders ke pasar Uni Eropa hingga akhir tahun ini," ujarnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.