Dark/Light Mode

Disambut Pak Bas, Kaisar Jepang Mau Keliling Jakarta Hingga DIY

Minggu, 18 Juni 2023 02:15 WIB
mENTERI pupr, Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (17/6).
mENTERI pupr, Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (17/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (17/6). 

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak naik takhta pada 1 Mei 2019. Kunjungan tersebut, atas undangan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Tokyo tahun lalu.

Baca juga : Pemprov Jabar Ajak Investor Jepang Dan Korea Selatan Benamkan Investasi

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dijadwalkan berada di Indonesia pada 17-23 Juni 2023. Kaisar Naruhito akan berkunjung ke beberapa lokasi, di antaranya Jakarta, Bekasi, Bogor dan Yogyakarta.

Kunjungan pertama pada Minggu (18/6) akan dilakukan di Depo Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) dan Stasiun Pompa Waduk Pluit, Jakarta. Hari berikutnya, Kaisar Naruhito akan mengikuti Upacara Penyambutan di Istana Bogor dan melakukan audiensi dengan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 8 Juni, Hadir Di 5 Lokasi

Lalu, pada Selasa (20/6), Kaisar Naruhito akan mengikuti upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, disusul dengan kunjungan ke Museum Nasional, Universitas Darma Persada dan SMK Mitra Industri MM2100. 

Pada kunjungannya ke Yogyakarta pada Rabu (21/6), Kaisar Naruhito akan mengunjungi Balai Teknik Sabo. Balai Teknik Sabo adalah balai di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR yang mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, perekayasaan, dan pelaksanaan pelayanan teknis pengujian, pengkajian, inspeksi dan sertifikasi di bidang sabo.

Baca juga : Di Rakernas III, Puan Bahas Strategi Menang di Jawa Barat dan Sumatra

Setelah itu, Kaisar Naruhito akan mengunjungi Istana Keraton, disusul dengan jamuan makan bersama Sultan Hamengku Buwono X di Istana Keraton Yogyakarta. Hari berikutnya, Kaisar Naruhito akan mengunjungi Candi Borobudur dan bertolak ke Jakarta pada sore harinya. Kaisar Naruhito akan kembali ke Jepang pada 23 Juni 2023. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.