Dark/Light Mode

Di Rakernas III, Puan Bahas Strategi Menang di Jawa Barat dan Sumatra

Selasa, 6 Juni 2023 19:13 WIB
Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani. (Foto: Ist)
Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengaku turut membahas strategi pemenangan partainya di Jawa Barat dan Sumatera dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP.

Rakernas partai berlambang Banteng moncong putih ini berlangsung di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Selasa (6/6).  Rakernas III PDIP ini mengusung tema Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Nagara.

Hal itu diungkap Puan, saat konferesi pers bersama Ganjar Pranowo dan Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto. Selain bicara soal pemenangan, Puan juga menyampaikan, materi yang beririsan dengan ucapan Ganjar. 

Menurut Puan, Ganjar dalam Rakernas III mengungkapkan bahwa urusan membangun Indonesia tidak bisa dilakukan sendirian. 

Baca juga : Megawati: Rakernas III PDIP Konsolidasi Pemenangan Pemilu 2024

"Begitu juga tadi Mas Ganjar sudah menyampaikan setelah beliau ini pergi keliling daerah, beliau concern bahwa membangun bangsa dan negara itu tidak bisa hanya dilakukan sendirian, tetapi tentu saja bersama-sama, solid bergabung bersama dengan rakyat, bergotong-royong bersama dengan rakyat," kata cucu Proklamator RI Soekarno ini.

Baru kemudian, Puan mengaku turut membahas strategi PDIP untuk menang di Pilpres 2024, khususnya meningkatkan suara di Jawa Barat hingga Sumatra. 

Dia menekankan upaya PDIP memenangkan Ganjar di Jawa Barat atau Sumatra diharapkan bisa sejalan dengan suara partai di wilayah yang sama. 

"Strategi Jawa Barat, Sumatera, dan lain-lain itu tentu saja menjadi satu strategi bagi PDI Perjuangan, bukan hanya untuk menambah elektoral suaranya Pak Ganjar sebagai calon presiden PDI Perjuangan tetapi bagaimana kemudian merebut kantong-kantong PDI Perjuangan untuk bisa dipertahankan dan meluaskan atau melebarkan posisi dari PDIP perjuangan di semua daerah," ungkapnya,

Baca juga : Ini Evaluasi Aji Santoso Usai Menang Lawan Bali United

Ketua DPR perempuan pertama itu juga mengatakan bahwa Rakernas III sangat strategis bagi PDIP menyambut pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia. 

"Jadi, ini memang Rakernas merupakan suatu Rakernas yang sangat strategis menjelang Pemilu 2024," kata Puan.  

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diketahui hadir di acara tersebut dan menyampaikan sambutan untuk internal. 

Sejumlah elite PDIP terekam hadir dalam rangkaian awal hari perdana Rakernas III seperti Prananda Prabowo, Hasto Kristiyanto, Olly Dondokambey, hingga Yasonna Laoly.

Baca juga : Diikuti Ratusan Fotografer, Ini Pemenang Lomba Foto Indonesian Petroleum Association

Dalam Rakernas III ini, PDIP mengambil tema Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.