Dark/Light Mode

Sedot 3 Ribu Wisatawan, Nias Dongkrak Wisata Bahari Nusantara

Minggu, 15 September 2019 13:30 WIB
Menteri Desa Eko Putro Sandjojo (kiri)  bersama Menko Luhut Binsar Panjaitan, Menpar Arief Yahya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly, Menteri  Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri Puncak Sail Nias 2019 di Pelabuhan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (14/9).
Menteri Desa Eko Putro Sandjojo (kiri) bersama Menko Luhut Binsar Panjaitan, Menpar Arief Yahya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri Puncak Sail Nias 2019 di Pelabuhan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (14/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akan menjadikan Kepulauan Nias menjadi sentral destinasi pengembangan wisata desa di Dunia. Wisata desa ini juga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia di sektor pariwisata.  

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri acara puncak Sail Nias 2019 di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Kepulauan Nias, Sumatera Utara pada Sabtu (14/9).

Luhut mengatakan bahwa Sail Nias ini adalah pergelaran Sail ke 11 untuk mendorong pariwisata di tempat sail diselenggarakan. 

Baca juga : Mendes Dorong Nias Kembangkan Wisata Desa

"Salah satu pilar pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah di sektor pariwisata. Kepulauan Nias menjadi bagian dari pertumbuhan tersebut," ujarnya dalam sambutannya mewakili Presiden Joko Widodo saat membuka puncak acara Sail Nias 2019.

Luhut menyampaikan bahwa Nias merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan surfing internasionalnya. Dirinya berharap Nias bisa menjadi tempat pengembangan wisata asing. 

"Kedepan paket berkunjung ke Nias promosikan lewat beragam platform. Dan ingat budaya untuk menerima tamu dengan ramah tamah, jaga kebersihan laut. Dua potensi besar yaitu pariwisata dan perikanan," pesannya.

Baca juga : Mendes: BUMDes Pariwisata Dongkrak Usaha Kecil Rakyat Desa

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro sandjojo mengapresiasi kegiatan Sail Nias ini untuk memajukan sektor wisata.

"Dalam Sail Nias ini banyak sekali digelar event, Nias ini banyak event, ada surfing, maraton, funbike, yang bisa membawa wisatawan datang ke sini. Dengan membuat event-event besar untuk mendatangkan wisatawan," pesannya.

Ia juga berharap dengan event bagus ini bisa memajukan wisata, jadi kedepannya bisa ditiru juga oleh daerah lain. "Saya juga mengucapkan terima kasih kepada warga Nias karena acara Sail ini telah terealisasi dengan baik. Buat event-event semacam ini (seperti lomba surfing) yang bisa datangkan 3.000 wisatawan," pungkasnya.

Baca juga : Industri Hulu Migas Dongkrak Ekonomi Daerah Penghasil

Turut hadir, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dana Menteri Pariwisata Arif Yahya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :