Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Ganjar Tekankan Pentingnya Karakter Pemimpin Dorong Inovasi Dan Cegah Korupsi

Senin, 7 Agustus 2023 14:38 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menekankan pentingnya karakter pemimpin untuk mendorong adanya inovasi dan mencegah korupsi di pemerintahan.

Menurut Ganjar, dua poin tersebut harus dimulai dari pemimpinnya.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menjadi mentor perwakilan pejabat eselon II kementerian/lembaga se-Indonesia dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Provinsi Jateng Tahun 2023 di Gedung BPSDMD Jateng, Jalan Setiabudi No 201 A, Srundol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jateng, Senin (7/8).

“Menjadi seorang pemimpin kelak memimpin dinas masing-masing atau di kementerian, masing-masing mereka harus paham apa yang mesti dikoreksi, apa yang mesti diperbaiki. Itu dimulai dengan integritas.” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, pemimpin mesti menjadi contoh dengan menerapkan nilai-nilai antikorupsi kepada jajaran pemerintah.

Baca juga : Wong Kito Ganjar Adakan Pelatihan Pertanian Pembibitan Sawit Bagi Warga Sumsel

Di samping itu, pemimpin juga mesti mendukung terciptanya inovasi. Salah satu inovasi yang paling penting adalah perbaikan sistem.

Menurut Ganjar, sistem yang diperbaiki akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan-layanan pemerintah.

“Saya mengingatkan mereka ketika mereka melatih kepemimpinan, maka harus bisa menjadi contoh. Begitu mereka menjadi contoh, tentu ada inovasi. Inovasi yang diberikan adalah perbaikan sistem. Perbaikan sistem itu layanan publik kok, mudah, murah, cepat. Tuntaskan tugas itu,” katanya.

Tak ketinggalan, Ganjar juga mengingatkan pentingnya transparansi administrasi apabila nilai-nilai tersebut sudah diwujudkan.

Dengan begitu, pemimpin bisa memberikan pertanggungjawaban secara tepat dan menyeluruh.

Baca juga : Ganjar Creativity Kampanyekan Pentingnya Konsumsi Ikan Lewat Lomba Mancing Mania

“Administrasinya tinggal dua saja, transparan dan akuntabel. Nilai-nilai itu sederhana. Kalau itu dilakukan sudah dia akan menjadi strong leader, dia punya sikap yang kuat, dan tidak pernah takut,” kata Ganjar.

Ganjar berharap, semakin banyak pemimpin berkarakter kuat agar tidak ada lagi korupsi, kolusi, atau pungutan liar (pungli).

Ganjar juga berharap semakin banyak inovasi yang didorong pemimpin masa depan sebagai pemantik kemajuan bangsa Indonesia.

“Banyak juga kepemimpinan yang bagus, yang mereka bisa lakukan sehingga layanan masyarakat cepat, negaranya pasti maju,” pungkas Ganjar.

Dalam kepemimpinannya di Jateng, Ganjar sukses membangun sistem pencegahan korupsi di Jateng.

Baca juga : Bantuan Pangan Ampuh Rem Inflasi Dan Sejahterakan Petani

Yakni, dengan menerapkan kurikulum antikorupsi, membangun desa antikorupsi, hingga komitmen menciptakan pemerintahan yang bersih lewat sikap tegasnya kepada ASN.

Dalam dua periode kepemimpinannya, Ganjar juga menciptakan berbagai inovasi.

Seperti, layanan aduan online LaporGub, menggratiskan biaya pendidikan, menggencarkan reformasi birokrasi, dan program-program lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.