Dark/Light Mode

Ikut Tangani Ibu Kota

Luhut Kini Sibuk Urus Polusi Udara

Sabtu, 19 Agustus 2023 08:00 WIB
Menko Kemaritiman dan In­vestasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menko Kemaritiman dan In­vestasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polusi udara Jakarta yang tinggi sudah sa­ngat mengkhawatir­kan. Presiden Jokowi menugaskan Menko Kemaritiman dan In­vestasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk menga­tasinya. Mendapat tugas itu, Luhut langsung gercep alias gerak cepat.

Kemarin, Luhut menggelar rapat koordinasi penanganan polusi udara di wilayah Jabode­tabek, di kantornya. Hadir dalam rapat tersebut Menteri Ling­kungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selain itu, hadir juga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar. Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto juga ikut hadir.

Baca juga : Ini 3 Sektor Yang Dipelototin Menko Luhut Untuk Atasi Polusi Udara Jabodetabek

Dalam rapat itu, ada sejumlah lang­kah konkret yang diambil pemerintah untuk meningkatkan kualitas udara dan mengendalikan emisi yang ber­fokus pada tiga sektor. Yaitu transpor­tasi, industri dan pembangkitan listrik, serta lingkungan hidup.

Luhut memastikan, pihaknya akan bergerak dari sektor hulu hingga hilir mengatasi polusi udara. Seperti me­wajibkan industri Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara untuk meningkatkan standar emisinya.

Selain itu, pihaknya mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke transportasi publik. Menurutnya, biang kerok polusi udara didominasi oleh penggunaan kendaraan pribadi.

Baca juga : Prof. Tjandra: Bisa Picu Kematian, Polusi Udara Jangan Diabaikan

Untuk menekan polusi udara, Luhut bakal membatasi penggunaan kendaraan pribadi dan memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) seperti saat pandemi Covid-19 kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta.

“Ini dilakukan bukan hanya untuk hari ini atau besok, tapi untuk anak cucu kita nanti," pungkasnya.

Sementara, Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya akan melakukan pengetatan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Ibu Kota, hingga memberlakukan tarif parkir maksimal kepada pengguna kendaraan pribadi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.