Dark/Light Mode

Hari Ini Resmi Beroperasi

Jokowi Kepingin, Masyarakat Berbondong-Bondong Naik LRT Jabodebek

Senin, 28 Agustus 2023 09:47 WIB
Presiden Jokowi (tengah) saat meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, Senin (28/8). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (tengah) saat meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, Senin (28/8). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi mengoperasikan LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) di Stasiun Cawang pada hari ini, Senin (28/8). LRT Jabodebek ini merupakan salah satu upaya pemerintah, dalam mengatasi kemacetan dan polusi udara di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kita tahu, DKI Jakarta selalu masuk dalam daftar 10 kota termacet di dunia. Setiap hari, masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta. Karena itu, kemacetan, polusi, juga selalu ada di Jakarta," ujar Jokowi di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur, Senin (28/8).

"Itulah kenapa, dibangun MRT, LRT, KRL, TransJakarta, BRT, dan Kereta Bandara. Agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal," imbuhnya.

Baca juga : Cuaca Hari Ini Di Tangerang, Prakiraan BMKG: Mendung Tapi Panas

Jokowi memahami, mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke angkutan umum, bukanlah perkara gampang. 

Contohnya, MRT. Meski setiap hari terlihat penuh, kapasitasnya ternyata masih 80 ribu. Jauh dari target 180 ribu. Masih ada kapasitas yang belum penuh terisi.

"Hari ini, alhamdulillah, LRT juga sudah siap dioperasikan. Baik yang dari Harjamukti di Cibubur, atau Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 km. Proyek LRT Jabodebek ini, menghabiskan anggaran Rp 32,6 triliun," ucap Jokowi.

Baca juga : Wamen Tiko Ajak Warga Naik LRT Jabodebek

Presiden ke-7 RI ini pun berharap, masyarakat berbondong-bondong, beralih ke LRT. Baik yang dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya. Sehingga, kemacetan dan polusi dapat dikurangi.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, bersama ini saya resmikan kereta api ringan (LRT) Terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi," pungkas Jokowi, dilanjutkan dengan tapping elektronik dan penandatanganan prasasti, sebagai tanda peresmian LRT Jabodebek.

Peresmian LRT Jabodebek ini antara lain dihadiri Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Handayani Ma'ruf Amin, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Baca juga : Cek Keamanan, Menhub Jajal Lagi LRT Jabodebek

Serta BUMN KAI, Adhi Karya, INKA, PT LEN dan jajarannya. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.