Dark/Light Mode

Penuhi Kebutuhan Delegasi Jurnalis

Dukung AIS Forum 2023, Kominfo Siapkan Infrastruktur Digital Andal

Jumat, 6 Oktober 2023 07:57 WIB
Foto: Dok. Kominfo
Foto: Dok. Kominfo

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi yang memadai untuk menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States/AIS Forum) 2023. Dukungan tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan delegasi dan jurnalis.

Indonesia menjadi tuan rumah KTT Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan/AIS Forum 2023. Kegiatan ini akan digelar di Bali 10-11 Oktober 2023. Forum itu merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia untuk mengatasi permasalahan global yang mencakup mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut dan tata kelola maritim yang baik.

Untuk mendukung kelancaran KTT AIS 2023, Kominfo memastikan keandalan infrastruktur digital berupa akses telekomunikasi dan media center.

"Agar layanan telekomunikasi lancar dan berkualitas tanpa ada gangguan sebelum dan selama KTT AIS Forum 2023 berlangsung, kami menyiapkan pemantauan dan penyediaan infrastuktur digital yang memadai," tegas Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di Jakarta, Rabu (04/10).

 

Baca juga : Partai Gelora Deklarasi Dukung Prabowo, Anis: Kami Sekutu Yang Bisa Dipercaya

 

Menteri Budi Arie menuturkan, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo terus melakukan pemantauan spektrum frekuensi berkerja sama dengan penyelenggara layanan telekomunikasi nasional untuk memastikan kelancaran jaringan telekomunikasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum.

"Keandalan telekomunikasi untuk memenuhi keperluan delegasi maupun media," tandasnya.

Untuk jurnalis, Menteri Budi memastikan menyediakan fasilitas pendukung lainnya antara lain media center.

"Media center akan resmi beroperasi pada 9 hingga 14 Oktober 2023. Berbagai fasilitas lain juga akan disiapkan untuk menunjang kinerja para jurnalis peliput," tuturnya.

Baca juga : Kadin dan PANDI Dukung Domain .id Jadi Identitas Digital Indonesia

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong menjelaskan, hingga Minggu (01/10) tercatat lebih dari 100 jurnalis baik lokal, nasional, dan asing telah mendaftar diri untuk meliput kegiatan KTT AIS Forum 2023.

"Registrasi media telah dibuka dan akan ditutup pada 5 Oktober 2023. Registrasi media bisa dilakukan melalui laman https://media-registration.aisforum2023.id," ujarnya.

Mengenai media center, menurut Dirjen Usman Kansong, saat ini, sudah pada tahapan persiapan teknis, yang meliputi penyelesaian infrastruktur dan distribusi perangkat pendukung yang diperlukan guna mendukung kerja jurnalis peliput KTT AIS Forum 2023.

"Jadi sesuai rencana tanggal 5 Oktober kita mulai loading dan kita siapkan infrastrukturnya. Kita harapkan tanggal 8 Oktober itu sudah siap," ujar Usman.

Media center KTT AIS Forum 2023 akan dilengkapi fasilitas komputer, akses internet, stand up position untuk stasiun TV, ruang medis, ruang konferensi pers, media lounge, pusat informasi, layar besar, hingga shuttle bus sebagai sarana transportasi jurnalis selama acara berlangsung.

Baca juga : Rencana Aksi Strategis dari Forum Kemitraan Diharapkan Berjalan Optimal

"Media Center juga menyiapkan dan mendistribusikan siaran pers dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), foto dan video, press briefing, dan berbagai materi yang dibutuhkan oleh para jurnalis peliput," jelasnya.

Media center KTT AIS Forum 2023 akan beroperasi di Tanjung Benoa Hall lantai 3, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 2, Nusa Dua, Badung, Bali. TIM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.