Dark/Light Mode

Sekjen LHK Tingkatkan Layanan Kepegawaian Berbasis Digital

Sabtu, 4 November 2023 18:47 WIB
Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono di acara Soft Launching SIMPEG New Version di Jakarta, Jumat (3/11).
Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono di acara Soft Launching SIMPEG New Version di Jakarta, Jumat (3/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggunakan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) New Version menjadi sistem informasi untuk pengelolaan administrasi bidang kepegawaian berbasis digital.

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono menyampaikan, SIMPEG New Version ini merupakan bagian dari penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sebagaimana diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018. 

Baca juga : Muzani Hingga Gibran Silaturahmi Dengan Habib Jindan Dan Habib Ali Kwitang

Oleh karena itu, SIMPEG New Version ini juga bagian dari transformasi digital secara terkoordinasi dan berkesinambungan dalam rangka mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, SIMPEG New Version merupakan komitmen Sekretariat Jenderal dalam mendukung dan menyelenggarakan pelayanan kepegawaian dan organisasi yang lebih berkualitas dalam kerangka implementasi SPBE sebagai bagian dari dukungan manajemen untuk pencapaian kinerja KLHK.

Baca juga : KPU Tetapkan Daftar Calon Tetap, 9.917 Caleg Siap Berebut Kursi DPR

"Dengan hadirnya SIMPEG New Version, maka seluruh layanan kepegawaian dan organisasi akan diwujudkan dalam bentuk otomasi sehingga menciptakan layanan yang efektif, efisien, termonitor dengan real time dan mampu menyajikan data statistik yang informatif dan berkelanjutan," ujar Bambang pada acara Soft Launching SIMPEG New Version di Jakarta, Jumat (3/11).

Soft Launching SIMPEG New Version ini merupakan penanda awal untuk proses-proses lanjutan. SIMPEG akan terhubung langsung dengan sistem kepegawaian nasional yaitu SIASN dan berbagai produk kepegawaian lainnya di BKN. 

Baca juga : Martinez Dan Daftar Kiper Terbaik Dunia

SIMPEG New Version juga akan menjadi integrator bagi aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) yang dikelola Kementerian Keuangan dan SIKADIR yang merupakan sistem absensi dan e-kinerja lingkup KLHK .

"Fokusnya pada pengembangan agar tercipta keandalan, keterpakaian, dan keteraksesan SIMPEG, yang pada gilirannya selain meningkatkan kualitas data dan informasi kepegawaian, juga akan meningkatkan kualitas belanja pegawai yang lebih efisien dan akurat berbasis pada profil pegawai, kinerja dan kehadiran," kata Bambang.
 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.