Dark/Light Mode

Dukung Piala Dunia U-17, PUPR Rampungkan JPO Menuju JIS

Selasa, 14 November 2023 17:48 WIB
Jembatan Penyeberangan Orang di Jakarta International Stadium JIS di Tanjung Priok, Jakarta Utara.  (Foto : PUPR)
Jembatan Penyeberangan Orang di Jakarta International Stadium JIS di Tanjung Priok, Jakarta Utara.  (Foto : PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ikut mendukung suksesnya gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Salah satu bentuk dukungannya dengan menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara.  

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan, JPO tersebut dibangun di Jalan Ketel, Ancol, Pademangan, dekat gerbang Karnaval Taman Impian Jaya Ancol, hingga menembus langsung sisi Plaza Utara JIS.

Baca juga : Intip JPO Cantik Permudah Akses Penonton Piala Dunia U-17 Dari Ancol Ke JIS

"Sebagai bagian dari kelengkapan prasarana dan sarana stadion JIS sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17, jembatan penyeberangan orang (JPO) dibangun khusus untuk menghubungkan stadion JIS ke Kawasan Ancol sehingga akses penonton/pengunjung menuju stadion, menjadi lebih mudah dan nyaman," kata Endra, yang juga merupakan Juru Bicara Kementerian PUPR. 

Lebih lanjut Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta - Jawa Barat, Brawijaya menambahkan bahwa JPO tersebut dibangun dengan trase sepanjang 453 m dan lebar jalur pedestrian 6 m.

Konstruksi JPO akses stadion JIS dirancang menggunakan struktur atas dengan konstruksi baja, pelat lantai pracetak serta pondasi dengan kombinasi tiang pancang beton dan baja.

Baca juga : Bekuk Brasil, Iran Makin Pede Tekuk Inggris

"JPO ini menghubungkan JIS dengan Lapangan Parkir di Ancol, dari sisi utara stadion dan melintasi beberapa rintangan antara lain; jalur double track KRL, Jl. R.E. Martadinata, Kali Ancol, Tol Harbour Road, serta rencana Tol Harbour Road II," kata Brawijaya. 

Pembangunan JPO JIS dilaksanakan oleh kontraktor AMKA Inti Beton Indo Trans Konstruksi KSO dan konsultan pengawas PT Seecons dengan nilai kontrak konstruksi Rp95 miliar. 

"JPO tersebut direncanakan sebagai penghubung antara stadion JIS dengan tempat parkir yang berada di gerbang karnaval dengan daya tampung sekitar 1.200 kendaraan roda empat dan 700 kendaraan roda dua," tutup Brawijaya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.