Dark/Light Mode

Gandeng USDA Forest Service

Nurbaya Getol Turunkan Emisi

Sabtu, 27 Januari 2024 07:30 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya. (ANTARA/HO-Kementerian LHK)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya. (ANTARA/HO-Kementerian LHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjalin kerja sama dengan The United States Department of Agriculture (USDA) Forest Service. Hal itu dilakukan dalam upaya mempercepat program Indonesia’s FOLU Net Sink 2030.

FOLU Net Sink 2030 adalah se­buah kondisi yang ingin dicapai melalui aksi mitigasi penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor kehutanan dan lahan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya mengatakan, fokus kerja sama ini bertujuan untuk per­tukaran teknis dan penguatan kapasitas dalam pengelolaan hutan dalam mengurangi emisi karbon.

Baca juga : KLHK Dan USDA Forest Service Kerja Sama Implementasi FOLU Net Sink 2030

“Saya percaya kerja sama melalui kemitraan ini akan se­makin kuat karena didasarkan pada bukti-bukti yang terukur, berdasarkan prinsip kedaulatan, saling menghormati, saling per­caya, dan saling menguntung­kan,” ujar Siti Nurbaya dalam keterangan resminya, Jumat (26/1/2024).

Siti Nurbaya menjelaskan, melalui Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030, Indone­sia bertekad bekerja, menjadi contoh dan mendukung pencapaian komitmen iklim global dan nasional negara ini.

Dengan hal itu, Indonesia juga dapat memastikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Baca juga : Tekad Ganjar, Kredit Macet Nelayan Akan Dihapus

“Perjanjian kerja sama me­lalui Memorandum of Under­standing (MoU) merupakan tonggak penting dalam rencana operasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030,” imbuhnya.

Politisi Partai NasDem ini menilai, kerja sama jangka pan­jang antara kedua belah pihak akan memperkuat upaya yang sedang berjalan dalam penge­lolaan hutan multiguna, dengan potensi penekanan khusus pada kegiatan-kegiatan yang berkai­tan dengan pengelolaan hutan lestari.

Termasuk sistem perencanaan hutan, jasa penyuluhan hutan, penegakan hukum khususnya untuk mendukung akademi polisi hutan Indonesia, dan ke­mampuan teknis pengendalian kebakaran hutan dan lahan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.