Dark/Light Mode

BNPT: Terus Perangi Propaganda Terorisme yang Ancam Pemilu

Rabu, 7 Februari 2024 21:56 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak semua pihak untuk terus memerangi propaganda terorisme yang mengancam keamanan dan kedamaian pelaksanaan Pemilu 2024

Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel menegaskan, akan mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan pemilu termasuk eks napiter sesuai tugas dan fungsi BNPT.

"Di Jawa Tengah ini, kami ingin berjumpa dengan mantan napiter, meminta bantuan kepada mereka untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan pemilu, kami juga akan melibatkan FKPT dan Duta Damai di sini," kata Rycko saat melakukan kunjungan ke Polda Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024).

Baca juga : TKN: Fokus Program Kesejahteraan Prabowo-Gibran adalah Ibu dan Anak

Mantan Kapolda Jawa Tengah ini menyampaikan, dalam memerangi kejahatan terorisme, semua pihak harus memahami bahwa terorisme berbeda dengan kejahatan lainnya.

Menurutnya, kejahatan terorisme bersifat ideologi yang menyerang keyakinan.

"Kejahatan terorisme itu menyerang belief/ keyakinan. Kalau kejahatan lain dilakukan dalam keadaan sadar melakukan salah, maka terorisme tidak merasa ia melakukan salah. Justru ia meyakini bahwa sedang melaksanakan perintah Tuhan," ungkapnya.

Baca juga : Bamsoet Ajak FKPPI Purbalingga Antisipasi Ancaman Terorisme Jelang Pemilu

Rycko juga menjelaskan, salah satu instrumen yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam rangka memerangi ideologi terorisme adalah pendidikan, baik tentang ideologinya itu sendiri maupun pendidikan tentang kebangsaan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengaku sangat senang dan berbahagia mendapatkan dukungan kunjungan dalam rangka pengamanan pemilu di daerahnya.

"Kami sangat serius menangani terorisme ini di Jawa Tengah, terutama menjelang pemilu. Kami sudah memetakan titik-titik rawan seperti TPS dan basis masa, serta sudah disiapkan pula antisipasinya," ujar Ahmad.

Baca juga : BP2MI Tegur Keras Perusahaan Penempatan Yang Bikin Pekerja Migran Sengsara

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPT didampingi Deputi I, Mayjen TNI Roedy Widodo, bersilaturahmi dengan pengurus FKPT Jawa Tengah, Duta Damai Dunia Maya dan Duta Damai Santri Jawa Tengah serta mengunjungi jajaran Kodam IV/ Diponegoro Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.