Dark/Light Mode

Perludem: MKMK Punya Peran Penting Jaga Keadilan Pemilu

Kamis, 21 Desember 2023 21:08 WIB
Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. Foto: Istimewa
Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini berharap, dengan dibentuknya Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) permanen, akan mengembalikan maruah MK.

"Pembentukan MKMK permanen selain merupakan amanat Undang-Undang MK, juga menjadi bagian dari perisai dalam menjaga muruah, kredibilitas, kemandirian, dan kemerdekaan MK sebagai pilar kekuasaan kehakiman," kata Titi dalam keterangannya, Kamis (21/12/2023).

Baca juga : Terjerat Karena Ketiban Sial

Dengan terbentuknya MKMK, masyarakat berharap MK tidak akan mengalami permasalahan etik atau hukum apapun. Sebab, sudah terbentuk kesadaran bahwa mereka akan diproses oleh MKMK jika melanggar.

Selain itu, dalam gelaran Pemilu 2024 MK akan memainkan peran sentral dalam menjaga keadilan Pemilu 2024.

Baca juga : Langkah Berbagai Elemen Masyarakat Perangi Hoaks di Pemilu 2024

"Dengan kewenangannya dalam penyelesaian perselisihan hasil Pileg, Pilpres, dan Pilkada 2024, maka kepercayaan publik jadi elemen penting bagi Mahkamah Konstitusi," ungkap Titi.

Adapun tiga anggota MKMK yang terpilih adalah mantan rektor Universitas Andalas Yuliandri, mantan hakim MK I Dewa Gede Palguna, dan hakim konstitusi aktif MK Ridwan Mansyur.

Baca juga : Prabowo: Pedagang Pasar Tradisional Punya Peran Penting Bagi Ekonomi Indonesia

Menurut Titi, mereka bukan orang baru dan memiliki integritas yang baik. "Prof. Yuliandri dan Pak Palguna, keduanya dikenal sebagai sosok terpelajar yang berintegritas baik. Tidak ada catatan yang krusial terkait rekam jejak keduanya. Dari sisi keilmuan dan rekam jejak mereka orang yang cocok menjadi anggota MKMK," jelas dia.

Maka Titi berharap MKMK bisa bekerja dengan baik, proporsional, profesional, dan berintegritas. "Sehingga pemilu 2024 bisa terkawal baik melalui peran mereka di MKMK," papar dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.