Dark/Light Mode

Pastikan Arus Mudik Lancar, Pj Gubernur Kaltim Tinjau Bandara APT Pranoto

Sabtu, 6 April 2024 13:55 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik meninjau Bandara APT Pranoto Samarinda, Kaltim, Jumat (5/4/2024). 

Peninjauan dilakukan Akbar, untuk memastikan arus mudik Lebaran di jalur udara berjalan lancar. 

"Terjadi peningkatan jumlah penerbangan di Bandara APT Pranoto. Saat ini mencapai 12 penerbangan per hari. Ini patut kita apresiasi," kata Akmal. 

Dia juga memastikan, koordinasi antarinstansi dalam menghadapi lonjakan penumpang berjalan dengan baik.

Baca juga : Puncak Arus Mudik Di Bandara AP II Diprediksi Besok

"Koordinasi antarinstansi terkait mudik Lebaran di Kaltim berjalan dengan baik. Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik di wilayah ini," terangnya.

Akmal Malik juga menyampaikan,  infrastruktur bandara masih memungkinkan untuk penambahan penerbangan, dan rencana penambahan rute baru seperti Samarinda-Semarang, Samarinda-Jakarta, dan Samarinda-Surabaya. Hal itu tengah dijajaki.

Dengan adanya peningkatan penumpang sekitar 7-12 persen yang dianggap normal setiap memasuki momen menjelang Lebaran, Akmal Malik berharap Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa lebih banyak kemajuan untuk Bandara APT Pranoto Samarinda.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk mematuhi aturan, menjaga kesehatan dan keselamatan selama mudik, serta menekankan pentingnya keselamatan agar dapat merayakan hari raya dengan gembira.

Baca juga : Pastikan Kelancaran Arus Mudik, Kapolri Tinjau Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang

"Harga tiket memang cenderung tinggi, dan itu wajar jika memasuki momen Lebaran, namun hal ini tidak mendorong inflasi. Mahalnya harga tiket karena jumlah permintaan yang tinggi," tuturnya.

Salah satu penumpang pesawat di Bandara APT Pranoto Samarinda, Rini, mengaku sudah beberapa kali mudik melalui Bandara APT Pranoto Samarinda dengan tujuan ke Yogyakarta.

Rini mengatakan bahwa harga tiket tidak cenderung terjangkau dan tidak mengalami lonjakan yang signifikan.

"Hal ini karena kami membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya karena untuk mengantisipasi harga yang mahal ketika mendekati jadwal pemberangkatan," tuturnya.

Baca juga : Hadapi Musim Mudik, Kakorlantas: Command Center KM 188 Cipali Siap Beroperasi

Rini juga mengemukakan pendapatnya mengenai pelayanan di Bandara APT Pranoto Samarinda.

"Pelayanannya standar. Hanya saja suhu udaranya yang kurang dingin karena banyaknya ruang terbuka. Tapi, secara keseluruhan, sudah cukup baik," tuturnya.

Rini yang sebelumnya sering transit di Bandara Sepinggan Balikpapan, memilih untuk transit di Bandara APT Pranoto Samarinda karena faktor jarak dari rumah kediaman yang lebih dekat.

"Biasanya sih lewat Balikpapan. Tapi, akhir-akhir ini kerap kali melalui Bandara Samarinda," ungkap warga Samarinda itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.