Dark/Light Mode

Terima Audiensi Pj Gubernur Sumsel

Menhub Setujui Aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan

Rabu, 6 Maret 2024 19:01 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) menerima audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)
Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) menerima audiensi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melakukan audiensi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membahas reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (5/3). Dalam audiensi itu, Menhub menyetujui aktivasi bandara tersebut. Menhub akan mengupayakan ketersediaan pesawat ATR guna mendukung percepatan reaktivasi bandara.

“Opsi pertama itu pesawat ATR. Kami upayakan untuk disediakan, kami akan upayakan semaksimal mungkin," kata Menhub.

Dia melanjutkan, pada prinsipnya Kemenhub akan mengupayakan percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, untuk segera beroperasi secara komersil kembali. “Ini jadi bisa silakan dilakukan saja reaktivasi aja. Itu berita baiknya ya,” sambungnya.

Agus Fatoni menyambut baik opsi dari Menhub. Dia berharap reaktivasi Bandara Gatot Subroto akan kembali beroperasi sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445.

Baca juga : Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan Didukung Seluruh Pemda Sekitar

“Terima kasih Bapak Menteri, bahagia sekali kami. Mudah-mudahan sebelum Lebaran sudah bisa beroperasi,” ucap Fatoni.

Dia mengatakan, dalam audiensi kali ini seluruh Kepala Daerah, baik di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung yang berdekatan dengan lokasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, hadir langsung. Hal ini sebagai bentuk komitmen nyata dari mereka guna mewujudkan rencana reaktivasi bandara tersebut.

“Ini lengkap semua bupati yang hadir sebagai bentuk komitmen, kami juga sudah melakukan MoU dengan mereka,” kata Fatoni.

“Kebetulan juga dari Kemendagri mengawal ini terus, waktu itu juga saya kebetulan selaku Dirjen Keuangan Daerah tahu cara menganggarkannya walaupun belum ada anggarannya itu bisa melalui BTT (biaya tidak terduga), itu bisa dialokasikan. Jadi saya minta dari Bapak-bapak Bupati, Kadishub Provinsi segera menggeser anggaran dengan Perubahan Peraturan Kepala Daerah terkait BTT ini dan surat dari Kemendagri sudah disiapkan untuk pergeseran anggaran ini,” sambungnya.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng Minta 258 Petugas Haji Berikan Layanan Terbaik

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengaku sudah menyiapkan anggaran khusus guna percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

“Terima kasih Pak Menteri, jadi kami sudah banyak membangun kantor yang baru untuk keberangkatan dan kedatangan. Kami sudah anggarkan, kami ready anggarannya. Kami prinsipnya siap,” kata Adipati.

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin sangat berharap pengaktifan kembali Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Hal ini dikarenakan Kabupaten OKU Timur nantinya akan mendapatkan keuntungan dari seluruh penerbangan yang ada.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo berkomitmen dan mendukung semaksimal mungkin aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan demi kebutuhan masyarakat luas juga mempromosikan wisata di daerah tersebut.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Berikan Bantuan Penyandang Tuna Rungu

“Wisata OKU Selatan, yaitu Danau Ranau sangat indah namun permasalahannya adalah terkait transportasi. Besar harapan kami dengan adanya bandara ini membuat wisata lebih bagus. Ada bendungan Tiga Dihaji, insya Allah tahun ini bendungan akan selesai,” kata Popo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.