Dark/Light Mode

Perbaikan Tol Bocimi, PUPR Target Dibuka Fungsional H+1 Lebaran

Selasa, 9 April 2024 22:51 WIB
Kondisi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi  paska longsor.
Kondisi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi paska longsor.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali meninjau penanganan darurat Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di KM 64+600 A yang mengalami longsor pada Rabu (3/4) malam. Ditargetkan, dibuka fungsional H+1 Lebaran 2024.

Menteri dari PDI Perjuangan ini mengatakan, penanganan sementara dengan pemasangan tiang pancang (sheet pile) untuk memperkuat bagian timbunan jembatan yang longsor akan selesai pada malam ini. 

Baca juga : Kecelakaan Di Tol Cikampek, 2 Mobil Terbakar, 9 Orang Dikabarkan Meninggal

"Alhamdulillah, 45 sheetpile yang ada di bagian bawah struktur tol sudah terpasang semua untuk menahan longsor, kemudian yang di bagian atas akan dipasang 60 sheetpile lagi. Sampai siang tadi sudah terpasang 37 buah sheetpile. Nanti jam 24.00 WIB malam mudah-mudahan bisa selesai semua," kata Basuki. 

Dikatakan Basuki jika sesuai target selesai nanti malam, selanjutnya pada besok pagi Rabu (10/4) akan dilakukan pembersihan badan jalan. 

Baca juga : Heru Larang ASN DKI Pake Mobil Dinas Untuk Mudik Lebaran

"Sehingga diupayakan pada Kamis (11/4) sudah dapat dibuka satu lajur fungsional sebagai cadangan kalau terjadi kemacetan di jalur nasional. Nanti untuk teknisnya akan diatur oleh kepolisian," ujarnya.

Selanjutnya, untuk penanganan permanen, Basuki mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024. 

Baca juga : Tinjau Longsor Tol Bocimi, Basuki: Penanganan Permanen Setelah Libur Lebaran

"Berhubung libur Lebaran, setelah H+3 Lebaran material baru bisa datang lagi. Kita mulai kerja untuk penanganan permanen dan akan kita upayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan," ujar Basuki.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.