Dark/Light Mode

76,6 Persen Publik Puas Sama Kinerja Jokowi, Burhan: Gak Kaget Menang 1 Putaran

Rabu, 28 Februari 2024 18:23 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. (Foto: YouTube/Indikator Politik Indonesia)
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. (Foto: YouTube/Indikator Politik Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja presiden Jokowi pasca-pemilu 2024 ternyata masih cukup tinggi. Yakni mencapai 76,6 persen.

Hal itu diketahui dari survei terbaru Indikator Politik Indonesia periode 18-21 Februari 2024 yang bertajuk "Evaluasi Publik Atas Pemilu 2024 Dan Isu-isu Malpraktik Elektoral" yang dirilis pada Rabu (28/2). 

Melihat masih tingginya tingkat kepuasan publik pada kinerja presiden Jokowi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Prof Burhanuddin Muhtadi mengaku tidak heran jika pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden yang dikaitkan dengan Jokowi bisa menang dalam satu putaran. 

Baca juga : Bamsoet Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran yang Menang versi Quick Count

"Setelah lihat data ini, sebenarnya kita enggak perlu terlalu kaget menang satu putaran ya," kata Burhanuddin, Rabu (28/2).

Meskipun, jika dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya, yakni periode 12-13 Februari 2024, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi saat ini turun. 

Tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi jelang hari pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 lebih tinggi lagi, yakni 78,6 persen. Tertinggi sejak periode survei November 2023 lalu.

Baca juga : Haidar Alwi Pastikan Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

"Yang datang ke Hari H, di tanggal 14 menggunakan hak pilihnya itu 80 persen happy dengan presiden Jokowi," sambungnya.

Di survei terbaru, dari 76,6 persen yang mengaku puas, 27 persen di antaranya mengaku sangat puas, sisanya 49,6 persen mengaku cukup puas.

Sedangkan responden yang tidak puas hanya 28,7 peraen. Rinciannya, kurang puas (11,4 persen), tidak puas sama sekali (9,3 persen). Selebihnya, 2,7 persen mengaku tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga : Data Riset Analitika: 82,5 Persen Publik Puas Kinerja Presiden Jokowi

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 18-21 Februari 2024, dengan target populasi WNI usia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah dan memiliki telepon. 

Sampel sebanyak 1.227 responden dipilih melalui metode random digit dialing (RDD). Margin of error survei adalah +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.