Dark/Light Mode

Efektif Tekan Biaya Operasional, BPJamsostek Terima Penghargaan Dari Grab

Jumat, 17 Mei 2024 21:47 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) meraih penghargaan Best Nation Wide Collaboration pada ajang Grab Business Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Grab Indonesia.

Penghargaan tersebut diraih oleh BPJamsostek karena melakukan transformasi dalam mendigitalisasi penggunaan kendaraan operasional melalui kerja sama dengan Grab For Business di 63 kantor cabang dan 8 kantor wilayah di seluruh Indonesia.

Atas kerja sama tersebut, BPJamsostek telah berhasil meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran operasional hingga 15 persen.

Direktur Umum dan SDM BPJamsostek Abdur Rahman Irsyadi mengatakan, selain sebagai prestasi, penghargaan ini memperlihatkan kolaborasi yang baik dengan Grab.

Abdur pun mengucapkan terima kasih kepada Grab atas penghargaan ini.

"Kami tidak bisa berjalan sendiri. Tentu akan bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk menjangkau seluruh masyarakat pekerja di luar sana," kata Abdur, di Jakarta, Jumat (17/5/2024).

Salah satu aspek yang bisa ditingkatkan adalah bagaimana dapat menghemat biaya operasional, tetapi tidak mengganggu aktivitas seluruh karyawan.

Baca juga : Kain Tenun Dan Wayang Golek Bertemu Karya Seni Rusia Di Pameran Dagestan

Adapun, alasan kerja sama BPJamsostek dengan Grab For Business ini didasari antara lain, kebutuhan operasional akan kendaraan dinas di seluruh kota dan kabupaten hingga pelosok Tanah Air.

Kemudian, keterbatasan lahan parkir di setiap kantor pelayanan, hingga bagaimana BPJamsostek dapat melakukan efisiensi biaya khususnya terhadap operasional kendaraan dinas.

"Kita sudah bisa efisien hingga 15 persen dari penggunaan anggaran, dan dengan melihat kecenderungan saat ini, angka itu akan bisa terus meningkat," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, kerja sama dengan Grab Indonesia juga menjadi salah satu jalan memperluas perlindungan kepada pekerja khususnya kepada sopir atau driver transportasi online.

"Grab ini dari sebelumnya hanya 9 ribu driver yang terlindungi, saat ini telah meningkat hingga 30 ribu driver yang menjadi peserta BPJamsostek. Hal ini menunjukkan adanya relasi yang positif bagi seluruh pihak," ujarnya.

Deputi Aset dan Sarana Prasarana BPJamsostek Helmy Ardian Asnawi mengatakan, ke depan BPJamsostek akan melakukan monitoring dan pengembangan terhadap kerja sama ini sehingga dampaknya akan bisa dirasakan oleh seluruh kantor layanan yang dimiliki.

"Kami akan terus melakukan monitoring efektivitas penggunaan kendaraan dinas dan transportasi online ini. Kami terbuka ke depannya apabila ada kemungkinan kerja sama dengan online transportasi lainnya," kata Helmy.

Baca juga : BCA Sesuaikan Jadwal Operasional Kantor Cabang Selama Libur & Cuti Bersama

Deputi Komunikasi BPJamsostek Oni Marbun mengatakan, bagaimana BPJamsostek dapat beradaptasi sekaligus memanfaatkan setiap peluang.

Misalnya, melalui kampanye komunikasi 'Kerja Keras Bebas Cemas' untuk membawa negara melalui BPJamsostek bisa melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja Indonesia dan keluarganya.

Sementara Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Jakarta Kelapa Gading Ivan Sahat H Pandjaitan mengapresiasi penghargaan yang diberikan Grab Indonesia kepada BPJamsostek.

"Dengan adanya penghargaan ini semakin memicu kami untuk terus memberikan perlindungan bagi para mitra driver Grab yang termasuk ke dalam pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)," katanya.

Menurut Ivan, BPJamsostek akan terus berupaya untuk meningkatkan jumlah kepesertaan termasuk bagi para pengemudi transportasi online.

"Melalui rangkaian sosialisasi bersama Grab Indonesia terus meningkatkan jumlah kepesertaan BPJamsostek yang berprofesi sebagai mitra pengemudi online," ujarnya.

Dengan semakin banyaknya mitra Grab yang menyadari manfaat BPJamsostek, kata Ivan, diharapkan akan semakin banyak mitra driver yang bergabung menjadi peserta BPJamsostek.

Baca juga : Bangun Ekonomi Desa Di Sekitar Operasi, Harita Nickel Raih 5 Penghargaan

Ia berharap dengan terjaminnya kesejahteraan dan kenyamanan, serta keamanan, para mitra Grab dapat bekerja lebih tenang karena tidak perlu khawatir jika terjadi risiko-risiko pekerjaan.

Untuk diketahui, Grab Business Forum 2024 kali ini mengangkat tema 'Resilient Business Forward: Paving The Way to The Bolder Future'.

Forum yang telah memasuki tahun kelima ini menghadirkan wadah bagi para pemimpin perusahaan, pembuat kebijakan.

Serta pemangku kepentingan dari berbagai industri untuk berdiskusi mengenai pentingnya memperkuat ketahanan bisnis di tengah gejolak ekonomi global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.