Dark/Light Mode

Peringati Hari Buruh Internasional

Pekerja Di Bandara Soetta Perkuat Kebersamaan Demi Pelayanan Terbaik

Rabu, 1 Mei 2024 20:13 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekerja di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) memperingati Hari Buruh Internasional, 1 Mei 2024, dengan bersama-sama berkomitmen memperkuat iklim kerja yang kondusif, aman, dan selamat sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan perwakilan dari serikat pekerja yang ada di Bandara Soetta.

Antara lain, Serikat Pekerja Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta (Sekarpura II Bandara Soekarno-Hatta), Serikat Karyawan AirNav Indonesia (SkyNav), Asosiasi Cabin Crew Citilink (ACCI) dan lainnya, saat memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2024 di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun total jumlah pekerja di Bandara Soekarno-Hatta berkisar 40-50 ribu orang yang berasal dari berbagai instansi.

Ketua Sekarpura II Bandara Soekarno-Hatta Ganeca Wisnu Anggoro mengatakan, May Day menjadi momentum untuk memperkuat kebersamaan para pekerja di Bandara Soetta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia.

“Kami mengajak seluruh serikat pekerja di Bandara Soekarno-Hatta untuk bersama-sama memperkuat kebersamaan untuk iklim kerja yang kondusif, aman dan selamat,” imbau Ganeca.

Dia menyatakan, hubungan yang baik antara karyawan dan perusahaan terjalin baik dengan keterbukaan informasi dan keterlibatan karyawan dalam perumusan strategi serta kebijakan perusahaan.

Baca juga : Bandara Soetta: Untuk Pastikan Keamanan, Keselamatan, Dan Pelayanan Terbaik

“Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, karena itu kebersamaan di antara para pekerja menjadi kunci utama dalam operasional dan pelayanan,” tutur Ganeca.

Pada peringatan Hari Buruh Internasional, pihaknya juga menggelar workshop dengan tema Humanity for Workers.

Tujuannya sebagai wadah diskusi para pekerja di Bandara Soetta mengenai kendala atau tantangan dalam menjalankan tugas.

Di dalam workshop tersebut, turut hadir sebagai pembicara Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Bandara Indonesia (FSPBI) Jacqueline Tuwanakotta.

Jacqueline Tuwanakotta menuturkan dua poin yang relevan dengan tema Humanity for Workers bagi pekerja di bandara adalah Penghormatan Hak Asasi Manusia di Tempat Kerja, serta Kesehatan Mental dan Keselamatan Kerja.

“Bandara tidak pernah tidur, teman-teman di AP II, maskapai dan AirNav Indonesia dan lainnya sangat akrab dengan kondisi ini. Semua aktivitas bekerja di bandara, kadang pekerja lupa dengan kesehatan,” ujar Jacqueline Tuwanakotta.

Lebih lanjut, Jacqueline Tuwanakotta menuturkan di tengah aktivitas yang sibuk ini para pekerja bandara juga dituntut harus selalu profesional.

Baca juga : Peringati Mayday, 48 Ribu Buruh Turun Ke Jalan Dengan Damai

“Pekerja bandara selalu dituntut harus profesional di tengah aktivitas padat, sehingga terkadang juga mengabaikan kesehatan mental,” ujarnya.

Sejalan dengan ini, ujar Ganeca Wisnu Anggoro, para pekerja dan juga perusahaan harus selalu bersikap memanusiakan para pekerja dengan saling menghormati hak asasi manusia dan saling menjaga satu sama lain.

Adapun workshop yang digelar Sekarpura II Bandara Soetta dalam memperingati Hari Buruh Internasional ini juga mendapat apresiasi dari Federasi Pekerja Transportasi Internasional (International Transportation Federation/ITF).

Erin Vandermass, perwakilan dari di ITF Civil Aviation London (Inggris) menuturkan, pekerja memiliki tantangan ke depannya dan akan semakin kuat jika dapat tetap bersatu.

Dia berharap lokakarya ini menandai dimulainya hubungan yang lebih erat antara FSPBI dan Sekapura untuk menemukan dan bekerja sama dalam isu-isu yang menjadi kepentingan bersama.

“Dan untuk bersama-sama membantu meningkatkan kondisi pekerjapenerbangan di seluruh bandara untuk mewujudkan hak-hak dan perlindungan utama tenaga kerja bagi semua orang,” ujar Erin.

Sementara itu, Artijka Ajder dari ITF Civil Aviation Mumbai (India) juga turut menyampaikan selamat atas workshop yang digelar bersama dengan seluruh serikat pekerja di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Top! Kilang Pertamina Internasional Sabet 14 Penghargaan di Vietnam

“Hari Buruh Internasional adalah hari yang sangat penting dan ini adalah pengingat terus-menerus bagi kita. Jadi saya ingin sekali lagi membawa salam solidaritas,” ujar Artijka Ajder.

Bandara Soetta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, pada awal tahun ini telah mendapat apresiasi serta penghargaan global.

Antara lain, penghargaan dari OAG sebagai bandara di Asia Pasifik yang paling cepat pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Bandara Soetta beberapa waktu lalu juga diumumkan oleh Skytrax berada di peringkat 28 dunia dalam daftar peringkat 100 bandara terbaik dunia tahun 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.