Dark/Light Mode

Kemendikbudristek: Kolaborasi Wujudkan Pembangunan SDM Indonesia Unggul

Jumat, 17 Mei 2024 23:51 WIB
Foto: Kemendikbudristek.
Foto: Kemendikbudristek.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, menegaskan transformasi yang diupayakan Kemendikbudristek selama hampir 5 tahun diharapkan dapat memberi arah baru bagi dunia pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

Hal ini disampaikan Suharti ketika memberi sambutan dalam pelantikan 4 orang pemimpin perguruan tinggi negeri, 2 orang pejabat pimpinan tinggi pratama, 4 orang pejabat administrator, 3 orang pejabat pengawas, dan 16 orang pejabat fungsional, di Plasa Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Jumat (17/5/2024).

Suharti melanjutkan, peningkatan kualitas layanan diberikan tempat tertinggi dalam kebijakan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya untuk memastikan langkah Kemendikbudristek bisa memberikan nilai tambah signifikan bagi masyarakat yang dilayani.

“Untuk itu, kami mohonkan bagi semua Bapak dan Ibu yang dilantik hari ini untuk terus mendukung kebijakan-kebijakan yang telah digulirkan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing untuk berkolaborasi menjawab berbagai tantangan mewujudkan Pembangunan SDM Indonesia yang unggul dan berkarakter,” tutur Suharti.

Dalam kesempatan ini, Suharti melantik 4 orang pemimpin perguruan tinggi negeri.

Baca juga : Mendikbudristek: Wujud Kolaborasi Pelestarian Warisan Budaya

Keempatnya yakni Irwandi sebagai Rektor Institut Seni Indonesia Yogyakarta periode tahun 2024-2028. Kemudian, Ibrahim sebagai Rektor Universitas Bangka Belitung periode tahun 2024-2028.

Lalu, Agung Dhamar Syakti sebagai Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji periode tahun 2024-2028. Serta, Karta sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar periode tahun 2024-2028.

Suharti meminta keempat pejabat yang baru dilantik untuk fokus pada isu perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi.

“Kami minta saudara memastikan satuan tugas yang telah dibentuk berperan aktif di perguruan tinggi yang Saudara pimpin,” pesan Sesjen Suharti.

Selain itu terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT), Suharti menegaskan, perguruan tinggi harus inklusif, bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat sehingga harus sejalan dengan regulasi dan tetap mengedepankan azas berkeadilan.

Baca juga : Lewat Instagram, Dubes Yasushi Perkenalkan Batik Kolaborasi Jepang-Indonesia

Selanjutnya, kepada Lukman, yang dilantik sebagai Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Suharti mengatakan bahwa rotasi dan mutasi dalam organisasi merupakan hal yang lumrah terjadi dalam suatu organisasi.

“Kami minta Saudara dapat mengakselerasi proses perumusan sehingga dapat memberikan kepastian karir bagi para dosen dengan tetap mengedepankan integritas akademis,” tutur Suharti.

Sementara itu, kepada Lindung Saut Maruli Sirait, yang dilantik sebagai Inspektur I, Inspektorat Jenderal, Suharti berpesan agat dapat mengawal dan mengawasi seluruh layanan pendidikan dan kebudayaan.

“Dengan menguatkan integritas dan kepatuhan pengelola layanan, sehingga kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian dapat dirasakan dampaknya terhadap masyarakat,” ucapnya.

Suharti mengingatkan, pejabat Administrator dan Pengawas, baik pada unit utama maupun perguruan tinggi negeri, merupakan penentu awal bagaimana organisasi akan menjalankan pelayanannya kepada masyarakat.

Baca juga : PWM Jabar Ajak Kolaborasi Gerakan Dakwah dan Kemanusiaan Universal

“Tentukan langkah-langkah pengendalian terkait pelayanan sehingga dapat menjadi cerminan birokrasi yang efektif dan efisien dalam rangka memberikan pelayanan terbaik sesuai tugas dan tanggung jawab yang diembannya,” tegas Suharti.

Sementara untuk Pejabat Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, Suharti menekankan agar selalu profesional dalam melaksanakan kegiatan perencanaan pengadaan, pemilihan penyedia, manajemen kontrak dan manajemen informasi aset sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan tidak terlibat dalam berbagai konflik kepentingan.

Menutup sesi pelantikan, Suharti turut menyampaikan terima kasih kepada Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Mohammad Sofwan Effendi, dan Rektor Universitas Negeri Makassar periode tahun 2020-2024, Husain Syam, atas pengabdian dan jasa-jasa selama memangku jabatan tersebut.

“Akhir kata, semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankan amanah memimpin pembangunan di bidang pendidikan dan kebudayaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutup Suharti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.