Dark/Light Mode

LAN Raih Penghargaan Tertinggi Indeks SPBE 2023 Dari Presiden

Senin, 27 Mei 2024 15:57 WIB
Presiden Jokowi memberi penghargaan kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala LAN, Muhammad Taufiq pada acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5)
Presiden Jokowi memberi penghargaan kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala LAN, Muhammad Taufiq pada acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Administrasi Negara (LAN) meraih penghargaan Peringkat Tertinggi Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kategori Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK), Lembaga Nonstruktural (LNS) dan Instansi lainnya. 

Penghargaan tersebut, diberikan Presiden Jokowi kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala LAN, Muhammad Taufiq pada acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5)

Jokowi dalam sambutannya, menekankan, pemerintah perlu memperkuat infrastruktur dan transformasi govtech agar dapat meningkatkan daya saing Indonesia.

Baca juga : PNM Raih Penghargaan Skala Internasional Best Islamic Currency Deal-Indonesia

“Kita harus memperkuat digital public infrastructure semacam jalan tol untuk digitalisasi pelayanan publik serta  memperkuat transformasi ke govtech, di mana satu portal terintegrasi yang dinamakan INA Digital, yang di situ ada layanan pendidikan, layanan kesehatan, izin usaha, perpajakan dan lain-lainnya,” paparnya

Peluncuran ini, kata Presiden merupakan tahap awal dari keterpaduan layanan digital nasional yang harus terus diperbaiki dan dilanjutkan secara bertahap.

Sementara itu, Muhammad Taufiq menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai dan unit kerja terkait yang terus melakukan pembaharuan dan sinergi dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan kepada stakeholder LAN. 

Baca juga : Vastu Garden City Raih Penghargaan Duo Award 2024

 “Tentunya ini tidak terlepas dari semangat kami dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel sekaligus pelayanan publik yang semakin mudah, murah dan responsif,” ungkapnya.

Taufiq juga mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil pengukuran perkembangan penerapan SPBE di instansi Pemerintah oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Tim Koordinasi SPBE Nasional. Hal ini sesuai Peraturan MENPAN RB Nomor 59 Tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE terdapat 4 domain yang terdiri dari 8 aspek dan 47 indikator.

“Di tahun 2023, LAN mengalami peningkatan Indeks SPBE dibanding Indeks SPBE Tahun 2022 dimana saat itu LAN memperoleh nilai 3,57 dengan kategori Sangat Baik. Di tahun ini, Indeks SPBE LAN memperoleh nilai 4,26 dengan kategori memuaskan dan menjadi nilai tertinggi pada kategori LPNK, LNS dan Instansi lainnya.” ungkapnya. 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.