Dark/Light Mode

Bantu Pergantian Mesin IKM Korban Banjir, Kemenperin Siapkan 4 M

Senin, 6 Januari 2020 14:04 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi pejabat eselon I saat paparan kinerja 2019. (Foto: DIT/Rakyat Merdeka)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi pejabat eselon I saat paparan kinerja 2019. (Foto: DIT/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana banjir yang melanda Jabodetabek tidak hanya merugikan masyarakat saja, tapi juga sektor industri kecil menengah (IKM). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan Rp 4 miliar untuk membantu pergantian mesin yang rusak.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat paparan kinerja sektor industri 2019 di Kantor Kemenperin, Senin (6/1).

Baca juga : Ringankan Korban Banjir, Relawan Lakukan Baksos di Vila Nusa Indah Bekasi

“Yang terkena dampak IKM. Sementara industri besar tidak. Meraka sudah bisa mengantisipasinya,” ujar Agus.

Menurut dia, IKM yang mesinnya mengalami kerusakan akan dibantu Kemenperin. “Kami akan fasilitasi penggantian 100 persen mesin yang rusak,” ujarnya.

Baca juga : Banjir Bikin Harga Pangan Melambung

Saat ini, kata dia, pihak Kemenperin melalui Ditjen IKM dan Aneka sedang melakukan penilaian industri yang kena dampak. “Masing on going. Kita berharap minggu tidak ada hujan besar lagi,” ujarnya.

Dirjen IKM dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk membantu permesinan IKM yang terkena dampak banjir. “Masih kita assessment,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.