Dark/Light Mode

Bantu Pergantian Mesin IKM Korban Banjir, Kemenperin Siapkan 4 M

Senin, 6 Januari 2020 14:04 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi pejabat eselon I saat paparan kinerja 2019. (Foto: DIT/Rakyat Merdeka)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi pejabat eselon I saat paparan kinerja 2019. (Foto: DIT/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana banjir yang melanda Jabodetabek tidak hanya merugikan masyarakat saja, tapi juga sektor industri kecil menengah (IKM). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan Rp 4 miliar untuk membantu pergantian mesin yang rusak.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat paparan kinerja sektor industri 2019 di Kantor Kemenperin, Senin (6/1).

Berita Terkait : Ringankan Korban Banjir, Relawan Lakukan Baksos di Vila Nusa Indah Bekasi

“Yang terkena dampak IKM. Sementara industri besar tidak. Meraka sudah bisa mengantisipasinya,” ujar Agus.

Menurut dia, IKM yang mesinnya mengalami kerusakan akan dibantu Kemenperin. “Kami akan fasilitasi penggantian 100 persen mesin yang rusak,” ujarnya.

Berita Terkait : Pasca Banjir dan Longsor, 12 Daerah Tetapkan Status Tanggap Darurat

Saat ini, kata dia, pihak Kemenperin melalui Ditjen IKM dan Aneka sedang melakukan penilaian industri yang kena dampak. “Masing on going. Kita berharap minggu tidak ada hujan besar lagi,” ujarnya.

Dirjen IKM dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk membantu permesinan IKM yang terkena dampak banjir. “Masih kita assessment,” ujarnya. [DIT]