Dark/Light Mode

Deputi Kementerian Perekonomian Apresiasi Kemajuan Proyek RDMP Balikpapan

Kamis, 23 Januari 2020 19:18 WIB
Direktur Pengolahan Pertamina Budi S Syarif (kiri) mendampingi Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Monty Girianna (tengah), meninjau RDMP RU V Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (21/1). (Foto: Humas Pertamina)
Direktur Pengolahan Pertamina Budi S Syarif (kiri) mendampingi Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Monty Girianna (tengah), meninjau RDMP RU V Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (21/1). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proyek pengembangan kilang RDMP Balikpapan sebagai salah satu proyek strategis nasional, mendapat perhatian serius dari pemerintah.

"Tahapan kemajuan progress selalu dimonitor oleh pemerintah”, ujar Monty Girianna, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam kunjungan kerjanya ke RDMP RU V Balikpapan, Selasa (21/1).

Monty mengungkapkan, berdasarkan pengamatan di lapangan, pekerjaan RDMP telah dilaksanakan dengan baik. Secara total, pengerjaan pembangunan sudah mencapai sekitar 11 persen.

Baca juga : Dukung Kementan, Petani Subang Antusias Kembangkan Manggis

"Tantangannya mungkin menyelesaikan pekerjaan, sebelum tahun 2023. Pertengahan kilang harus sudah jalan. Dengan kapasitas yang lebih besar dan produk kualitas yang lebih tinggi," kata Monty, usai melalukan pengecekan.

Untuk saat ini, progress proyek RDMP untuk empat project pada early works fase I sudah terlaksana 100 persen. Tiga proyek pada early works fase II sudah terlaksana dengan baik, dan tepat waktu. Beberapa project lainnya juga on progress.

Didampingi Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif dan Senior Vice President Project Execution, Amir Siagian, Monty meninjau langsung ke lokasi proyek untuk melihat kemajuan pekerjaan proyek RDMP di lapangan.

Baca juga : Kementan Aplikasikan Teknologi Ozon dalam Kembangkan Benih Bawang

Dalam kesempatan tersebut, Monty menyampaikan apresiasi kepada Pertamina dan pihak yang terlibat dalam pekerjaan proyek.

Hal itu disampaikan, setelah ia melihat kompleksitas pekerjaan proyek. Terutama, aspek teknis untuk penyiapan lahan dan pekerjaan penyiapan fase konstruksi yang telah berjalan.

Proyek RDMP Balikpapan diyakini akan meningkatkan kapasitas pengolahan kilang hingga 100 ribu barel per hari (bpd), dari kapasitas sebelumnya sebesar 260 ribu bpd, menjadi 360 ribu pbd.

Baca juga : Sriwijaya Air Lanjutkan Program Gratis Bagasi Hingga 20 Kg

Selain itu, RDMP juga akan meningkatkan kualitas produk dari BBM, dari setara Euro II menjadi setara Euro V.

"Pertamina dalam hal ini juga berterima kasih atas dukungan penuh dari pemerintah, atas proyek besar yang sangat berpengaruh pada kemandirian energi. Kami sangat bersemangat menjadi kontributor yang besar bagi pembangunan bangsa," pungkas Budi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.