Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Satpol PP Siap Amankan Pilkada Serentak di 2020

Kamis, 30 Januari 2020 17:03 WIB
Sekjen Kemendagri  Hadi Prabowo dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Tim Penilai Angka Kredit dan Sekretariat Jabfung Pol PP Tingkat Provinsi di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, Kamis (30/01).
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Tim Penilai Angka Kredit dan Sekretariat Jabfung Pol PP Tingkat Provinsi di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, Kamis (30/01).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo meminta Satpol PP meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, terutama jelang pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020. 

Hal itu diungkapkan Hadi dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Tim Penilai Angka Kredit dan Sekretariat Jabfung Pol PP Tingkat Provinsi di Hotel Aryaduta,  Jakarta, Kamis (30/01).

“Satpol PP maupun Linmas untuk peningkatan kesiapsiagaan dalam penyeleggaraan ketertiban umum, kemudian juga ketenteraman, perlindungan masyarakat, serta keterlibatan di dalam pelaksanaan Pillkada Serentak Tahun 2020,” kata Hadi.

Baca juga : Samad Sentil Firli

Linmas juga diminta untuk proaktif melakukan pengamanan di bawah pembinaan Satpol PP, sementara Satpol PP juga diminta untuk membantu penyelenggaraa Pilkada maupun Pemerintah Daerah dalam menyukseskan helatan pesta demokrasi itu.

“Linmas harus aktif berperan di dalam pengamanan pada wilayah yang bersangkutan atau tempat tinggal. Koordinasi Sat Linmas dengan Satpol PP baik dengan jajaran KPU, Bawaslu, TNI/Polri, kemudian juga Kesbangpol dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kemudian juga membantu KPU-Bawaslu didalam penertiban alat-alat peraga kampanye harus ditingkatkan,” ujarnya.

Dalam menyikapi dinamika perkembangan politik dan iklim sosial politik yang diprediksi akan terus mengalami peningkatan jelang Pilkada Serentak Tahun 2020, Satpol PP memiliki peran strategis dalam  menyelenggarakan ketertiban umum, ketenteraman, dan perlindungan masyarakat. 

Baca juga : Jokowi Berharap Pilkada Serentak Berjalan Damai dan Demokratis

Dengan demikian, eksistensi Satpol PP semakin dibutuhkan dalam pengamanan, ketentraman dan perlindungan masyarakat, agar kondusivitas daerah tetap terjaga.

“Kami harapkan Satpol PP juga terus melakukan pendidikan kepada masyarakat, baik itu permasalahan sosial, politik-budaya, terhadap seluruh elemen masyarakat. Kemudian kita harapkan adanya peningkatan komunikasi dengan tokoh masyarakat baik itu agama, adat, budaya, memperkuat fungsi intelijen yang didasarkan atas data yang akurat, serta pemanfaatan dari media sosial dan pendekatan sosiokultural,“ pinta Hadi.

Tak hanya itu, Satpol PP selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diminta untuk menjaga netralitasnya sehingga melakukan pelayanan tanpa memandang golongan, namun lebih mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan peran dan tanggung jawab.

Baca juga : Megawati Ultah, PDIP Beri Kado Canangkan Gerakan Tanam Pohon Cintai Bumi

Sementara itu, Direktur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kemendagri Arief M. Edie mengatakan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Tim Penilai Angka Kredit dan Sekretariat Jabfung Pol PP Tingkat Provinsi dilaksanakan selama 2 hari yakni pada 30-31 Januari 2020 ini dihadiri oleh Kasatpol PP di 34 Provinsi itu ditujukan untuk mempersiapkan Pilkada Serentak tahun 2020.

“Rakor ini dihadiri oleh 34 Provinsi.  Hanya satu Provinsi yang diwakili Aceh. Kegiatan hari ini yaitu berkumpulnya Kasatpol PP seluruh Indonesia, untuk kinerja 2020 dan kesiapan Pilkada Serentak di Tahun 2020,” kata Arief. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.